Sukses

Viral, Aksi Warga Sidoarjo Tuntun Sepeda Motor Lewat Rumah Korban Lion Air JT 610

Aksi warga tersebut sontak saja membuat netizen salut.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga kini tragedi kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 masih menyimpan duka mendalam bagi para keluarga korban. Salah satunya kepada keluarga korban bernama Jannatun Cintya Dewi.

Jannatun menjadi korban pertama yang berhasil teridentifikasi melalui sidik jari dan pencocokan data antemortem berupa kartu keluarga. Jenazah Jannatun yang merupakan pegawai Kementerian ESDM telah dipulangkan ke rumah duka di desa Suruh, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo.

Tak hanya keluarga dan kerabat dekat, kepergian Jannatun nampaknya juga membawa duka bagi para warga sekitar. Seolah turut berbelasungkawa warga yang melintas di depan rumah Jannatun terlihat menuntun sepeda motor yang mereka kendarai.

Mereka mematikan deru sepeda motor dan mendorongnya dengan perlahan ketika melewati rumah Jannatun yang dipenuhi dengan karangan bunga. Hal ini nyatanya merupakan sebuah tradisi yang kerap dilakukan di daerah tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin salut warganet

Video yang dalam waktu singkat mencuri perhatian warganet ini diunggah oleh akun Twitter @apriltriyanto85. Banyak yang memuji aksi empati warga tersebut kepada keluarga yang sedang berduka.

“Salut kepada empati yang ditunjukkan masyarakat di sana. Butir ketiga dalam Pancasila - Persatuan Indonesia - masih lekat, erat dan tak akan bisa digantikan yang lain” komentar akun @risatromo.

Sementara akun @srhardiani menulis “Masyaa Allah, saya salut sekaligus terharu lihatnya :')”

“Keren itulah adab sopan santun masih di jaga semoga hal serupa ada di manapun wilayah Indonesia” tambah akun @hardiman3431.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.