Sukses

5 Tips Bertahan Hidup Saat Alami Kecelakaan Pesawat

Lakukan deretan hal ini untuk bertahan hidup saat alami kecelakaan pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Meski dikatakan sebagai moda transportasi teraman, nyatanya kecelakaan pesawat tak dapat dihindari. Namun bukan berarti risiko dari kecelakaan tersebut tak dapat diminimalisir.

Penumpang tentunya diharapkan mampu dengan tanggap menghadapi situasi darurat ketika pesawat mengalami masalah. Nyatanya ada beberapa hal yang bisa dilakukan para penumpang ketika sedang menghadapi situasi tersebut.

Seorang Kapten Pilot yang kerap menerbangkan pesawat Boeing 787 milik American Airlines dan Air Canada membagikan tips bagaimana bertahan hidup jika pesawat alami kecelakaan.

Kendurkan sabuk pengaman

Jika kalian merasakan bahwa ada tidak beres dengan pesawat yang ditumpangi, segeralah kendurkan sabuk pengaman dan melepaskan sepatu hak tinggi bagi wanita.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan instruksi dari pramugari

Para penumpang juga dianjurkan untuk selalu memperhatikan instruksi pramugari dalam keadaan darurat. Penumpang juga diwajibkan untuk memahami demo keselamatan terbang yang diperagakan pramugari sebelum pesawat lepas landas.

Cari pintu darurat

Cari tahu dimana letak pintu keluar pesawat termasuk pintu darurat terdekat. Hal ini perlu dilakukan karena ada pintu pesawat yang tak bisa dibuka ketika mendarat di perairan. Kalian juga sangat dianjurkan untuk menghitung deretan kursi dan mengingatnya. Hal ini untuk mempermudah kalian mengetahui pintu keluar ketika pesawat dalam keadaan gelap atau dipenuhi dengan asap.

3 dari 3 halaman

Tetap duduk saat pesawat mendarat

Jika pesawat tergelincir di landasan pacu, penumpang diharapkan tetap berada di tempat duduk hingga diperintahkan untuk mengevakuasi diri. Jangan membuka pintu atau jendela keluar tanpa instruksi dari awak kabin.

Aturan mengenakan pelampung

Jika pesawat mendarat di atas perairan, penumpang sebaiknya tidak mengembangkan pelampung di dalam kabin pesawat yang telah terisi air. Hal ini bisa membuat kalian terjebak di langit-langit kabin dan tidak dapat keluar dari kabin.

Reporter:

Cynthia Amanda Male

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.