Sukses

Kunci Penyebab Kecelakaan Pesawat, Begini Cara Kerja Black Box

Ternyata seperti ini cara kerja black box yang kerap jadi kunci utama penyebab kecelakaan pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Tim SAR akhirnya menemukan bagian black box dari Lion Air JT 610 yang jatuh di Tanjung Karawang Senin (29/10/2018) pagi. Black Box ditemukan oleh seorang penyelam dari TNI AL bernama Sertu Hendra. Black box dikatakan ditemukan tidak di dalam badan pesawat Lion Air.

Black Box kerap menjadi kunci utama penyebab terjadinya kecelakaan pesawat yang terjadi. Hal ini lantaran black box berfungsi mencatat kegiatan pilot baik percakapan maupun gerak pesawat terbang sebelum kecelakaan terjadi.

Data yang terekam pada black box nyatanya terbagi menjadi dua yaitu flight data recorder (FDR) atau hasil rekaman data penerbangan, dan yang kedua Cockpit Voice Recorder (CVR) atau yang merekam suara di dalam kokpit. Data dari dua bagian ini tak dapat terpisahkan untuk mengetahui penyebab kecelakaan pesawat secara keseluruhan.

Sesuai dengan namanya kedua bagian penting dalam back box ini memiliki fungsi yang berbeda. FDR sendiri berisi data-data berupa angka yang merekam seluruh aktivitas penerbangan pesawat. Sementara CVR merekam suara yang terjadi antara pilot dengan kopilot, kru pesawat ataupun menara ATC. CVR dalam black box dikatakan mampu merekam dua jam percakapan pilot di dalam kokpit.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi kunci utama penyebab kecelakaan pesawat

Dikutip dari How Stuff Works, data dari FDR dan CVR disimpan pada memory boards di dalam crash-survivable memory unit (CSMU), pelindung black box yang berbentuk silindris. CSMU terdiri dari lapisan titanium serta baja yang dapat menahan dampak kecelakaan ribuan kali gaya gravitasi dan bertahan di laut pada kedalaman 14.000 – 20.000 kaki (4,270 m-6.096 m).

Seluruh data dikumpulkan oleh sensor di pesawat terbang dikirim ke flight data acquisition unit (FDAU) yang terletak di hidung pesawat. Inilah penyebab black box selalu menjadi kunci utama dari penyebab kecelakaan pesawat yang terjadi. Black box sendiri dilengkapi dengan ping locator yang mampu memancarkan sinyal untuk memudahkan pencarian black box di bawah air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.