Sukses

7 Kecelakaan Pesawat Terbesar dalam Sejarah Penerbangan Dunia

Deretan kecelakaan pesawat terburuk sepanjang tahun 1900-an, human error jadi faktor penyebab yang paling banyak ditemui.

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan udara menggunakan pesawat sejauh ini menjadi moda trasnportasi teraman, tetapi memang pada kenyataannya tidak seratus persen aman. Terdapat sejumlah kecelakaan udara besar yang melibatkan penerbangan komersial, terhitung sejak kelahiran perjalanan udara digunakan.

Ketika perjalanan penerbangan diperluas dan daya dukung penerbangan meningkat, demikian juga korban kecelakaan yang terus bertambah.

Penting untuk dicatat adalah bahwa setiap bencana mengantar perkembangan dan standarisasi baru dalam keselamatan dan teknologi penerbangan, menjadikannya sebagai moda perjalanan teraman saat ini.

Berikut 10 kecelakaan pesawat dalam penerbangan dunia yang disebabkan oleh kegagalan mekanis, kesalahan manusia, atau kondisi iklim, seperti melansir dari Cleartrip, Kamis (1/11/2018).

1. Bencana bandar udara Tenerife (1977)

Salah satu bencana terburuk dalam sejarah penerbangan dimulai dengan terjadinya ledakan di bandara Gran Carania, Spanyol. Hal ini mengakibatkan sejumlah penerbangan dialihkan ke Bandara Tenerife, termasuk penerbangan KLM 4150 dan penerbangan Pan Am yang naas pada 1736.

Akibat kabut tebal, tidak adanya radar darat, dan miskomunikasi, kedua pesawat Boeing 747 bertabrakan satu sama lain. Terdapat 61 penumpang yang selamat dari 583 jumlah seluruh penumpang penerbangan Pan Am ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Japan Airlines Flight 123 (1985)

Kecelakaan Japan Airlines Flight 123 ditetapkan sebagai kecelakaan udara terburuk dengan penumpang sebanyak 524 orang.

Hanya 12 menit pasca pesawat lepas landas, pesawat mengalami dekompresi eksplosif. Hal ini mengakibatkan hilangnya kemudi dan sistem hidrolik, secara efektif melumpuhkan kendali pilot atas pesawat. Meski demikian, para kru berhasil menjaga pesawat udara bertahan selama setengah jam, tetapi akhirnya jatuh ke atas bukit dan menewaskan 520 penumpang dan 4 orang lainnya selamat.

3 dari 7 halaman

3. Charkhi Dadri Mid-Air Collision (1996)

Charkhi Dadri adalah sebuah desa kecil di sebelah barat New Delhi yang terkenal karena bencana di atas langitnya. Tabrakan udara antara Saudi Arabian Airlines dengan nomor 763 dan Kazakhstan Airlines dengan nomor 1907 tetap merupakan bencana terburuk dari jenisnya hingga saat ini.

Tabrakan itu terjadi pasca penerbangan Saudia lepas landas dari New Delhi, sementara penerbangan Kazakhstan bersiap untuk mendarat.

Kecelakaan ini diakibatkan karena kemampuan komunikasi bahasa Inggris yang buruk di bagian pilot Kazakhstani dan tidak adanya radar pengawasan sekunder di Bandara Internasional Indira Gandhi, jalur penerbangan menyeberang dan para pilot tidak dapat menghindari tabrakan.

Sebanyak 349 total penumpang kedua pesawat tersebut tewas dalam insiden tersebut.

4 dari 7 halaman

4. Turkish Airlines Flight 981 (1974)

Kecelakaan pesawat ini jatuh di luar Paris karena cacat desain dan kegagalan penanganan bagasi Maroko yang kurang teliti dan kurang memahami instruksi yang diberikan kepada mereka dalam bahasa Inggris dan bahasa Turki. Akibatnya, bagian kargo belakang pesawat meledak dan terbuka di tengah penerbangan.

Hal ini menyebabkan dekompresi cepat dan putusnya kabel yang membuat pilot tidak dapat mengendalikan pesawat. McDonnell Douglas DC-10 terjun ke hutan Ermonville, tepat di luar Paris, Prancis. Kecelakaan ini di klaim merenggut sebanyak 346 jiwa meninggal dunia.

5 dari 7 halaman

5. American Airlines Flight 191 (1979)

Penerbangan ini diangap sebagai kecelakaan penerbangan terburuk di Amerika Serikat. Bencana terjadi setelah pesawat lepas landas, ketika itu salah satu mesin dari sayap kiri pesawat terpisah dan membalik di bagian atas sayap. Hal tersebut menyebabkan kerusakan yang signifikan dan mengakibatkan putusnya saluran fluida hidrolik.

Pesawat langsung masuk ke gulungan, berbalik dan jatuh ke medan yang ada di dekatnya. Investigasi mengungkapkan bahwa bencana itu disebabkan oleh prosedur pemeliharaan yang salah dan diikuti oleh personil pesawat. Sebanyak 273 penumpang berada di dalam pesawat dan dua orang lainnya terlempar ke darat.

6 dari 7 halaman

6. Air India Flight 855 (1978)

Perayaan pergantian tahun terburuk terjadi pada 1978 di India. Air India dengan nomor 855 berangkat menuju Dubai dari Bandara Santacruz, di Mumbai mengalami kecelakaan. Pesawat 747 yang digunakan untuk penerbangan itu sebenarnya adalah yang pertama dari jenisnya yang dibeli oleh Air India pada 1971.

Tragisnya, penerbangan itu tidak terlalu jauh dan jatuh ke Laut Arab, tepat lepas di pantai Mumbai setelah beberapa menit lepas landas.

Bencana terjadi sebagai akibat dari kerusakan peralatan dan kegagalan kru untuk merespon secara tepat, sebagai akibat dari disorientasi spasial dan ketidakmampuan mereka untuk memeriksa pembacaan instrumen pesawat karena cuaca dan langit yang sangat gelap.

Penumpang tewas berjumlah 213 orang dan ini menjadi kecelakaan penerbangan terburuk kedua di wilayah India.

7 dari 7 halaman

7. China Airlines Flight 140 (1994)

China Airlines Flight 140 secara teratur terbang antara Bandara Internasional Chiang Kai-shek Taipei, Taiwan, dan Nagoya's Nagoya Airport, Jepang.

Sayangnya, penerbangan pada 26 April 1994, berubah menjadi sebuah bencana ketika petugas pertama di papan secara tidak sengaja mengaktifkan tombol TO / GA atau Takeoff / Go-around sesaat sebelum Airbus A300B4-622R mendarat di Nagoya.

Tombol ini mengubah posisi throttle ke yang diperlukan untuk take off dan go-around. Pilot mencoba untuk memperbaiki situasi, tetapi autopilot menggagalkan upaya mereka, seperti yang seharusnya selama aktivasi TO / GA. Pesawat itu melesat tajam kemudian jatuh dan menewaskan 264 orang dari 271 penumpang.

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.