Sukses

Keren, Desain Pesawat Ini Diklaim Bisa Selamatkan Penumpang Saat Kecelakaan

Seorang insinyur penerbangan mempunyai ide unik untuk rancangan pesawat di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan transportasi memang kerap terjadi, tak terkecuali pada transportasi udara. Sebagian besar dari kalian tentu berpikir apakah mungkin ada sebuah teknologi yang membantu proses evakuasi dengan sangat cepat sehingga mampu menyelamatkan nyawa para penumpang saat pesawat kecelakaan?

Seorang insinyur penerbangan Ukraina bernama Vladimir Tatarenko bisa menjawabnya. Hal ini lantaran Tatarenko mempunyai ide unik untuk rancangan pesawat di masa depan. Dirinya bahkan mengklaim desain pesawat ini mampu menyelamatkan para penumpang ketika pesawat mengalami kecelakaan.

"Bertahan saat kecelakaan pesawat terjadi bukanlah sesuatu yang mustahil," kata Tatarenko.

Tatarenko menciptakan desain pesawat dengan kabin yang dapat dilepas ketika pesawat sedang mengalami keadaan darurat. Kabin pesawat tersebut nantinya mampu mendarat di tanah maupun di atas air. Sejumlah parasut besar akan melekat pada atap kabin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Balon karet pada bagian bawah

Pada bagian bawah kabin ini juga terdapat balon karet yang bisa mengembang guna meredam benturan saat "mendarat" di permukaan tanah. Balon karet ini juga tentunya bisa mengapung ketika kabin jatuh ke laut.

Tatarenko memastikan penumpang bisa mendarat dengan aman, baik di permukaan tanah maupun air. Hal ini tentunya bisa menyelamatkan banyak nyawa saat kecelakaan pesawat terjadi.

"Dengan adanya desain ini, masih ada kemungkinan untuk lolos dari maut jika terjadi kecelakaan di udara," ungkap Tatarenko.

Tatarenko menambahkan teknologi dari pesawat dengan desain seperti ini akan menggunakan Kevlar dan Karbon Komposit untuk badan pesawat, sayap, flaps, spoiler, aileron. Meski banyak yang menganggap hal ini mustahil, tapi Vladimir yakin bisa terealisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.