Sukses

Cuma 2 Menit, Begini Cara Tidur Kilat ala Tentara

Hanya butuh waktu 2 menit, teknik tidur kilat ala tentara dapat kita Anda lakukan untuk kembali mendapatkan energi dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Teknik tidur yang digunakan oleh militer dapat membantu Anda tertidur dalam waktu kurang dari dua menit saja.

Teknik ini dikatakan memiliki tingkat keberhasilan hingga 96% setelah enam minggu latihan. Teknik tersebut kemudian dikembangkan untuk dapat dilakukan juga oleh pilot saat merasa kelelahan.

Sebuah survei pada tahun 2011 menemukan bahwa sepertiga orang di Inggris sangat kurang tidur. Penelitian juga mengungkapkan bahwa orang dewasa setidaknya harus mendapatkan waktu tidur antara tujuh hingga sembilan jam semalam.

Kondisi kurang tidur yang kronis sangat dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, termasuk diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Lantas, bagaimana cara kerja teknik tidur kilat ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknik tidur kilat

Istirahatkan otot-otot pada wajah Anda hingga merasa rileks, termasuk bagian lidah, rahang dan otot-otot di sekitar mata.

Jatuhkan bahu Anda serendah mungkin sebelum melemaskan bagian lengan atas dan bawah di satu sisi, lalu dilanjutkan dengan sisi yang lain.

Hembuskan napas, rilekskan dada Anda, kemudian kendurkan kaki Anda, dimulai dengan bagian paha dan bergerak hingga ke kaki bagian bawah Anda.

Setelah tubuh Anda sudah merasa relaks selama sepuluh detik, Anda harus berusaha untuk menjernihkan pikiran Anda dari semua pikiran yang ada dalam otak.

Terdapat tiga metode yang dapat membantu menjernihkan pikiran Anda, sesuai dengan buku berjudul Relax and Win: Championship Performance.

1. Bayangkan diri Anda sedang berbaring di sebuah kano di danau yang tenang dengan langit biru di atas Anda.

2. Bayangkan diri Anda tengah meringkuk di tempat tidur gantung beludru hitam di ruang gelap gulita.

3. Ulangi kata-kata 'jangan berpikir, jangan berpikir, jangan berpikir' dalam pikiran Anda selama sepuluh detik.

3 dari 3 halaman

Metode tentang tidur cepat sudah ada sejak 1981

Metode tidur ini pertama kali ditulis di buku pada 1981 tetapi beberapa teknik masih digunakan hingga saat ini untuk membantu orang-orang yang kurang tidur. Teknik tersebut telah dikaitkan dengan latihan dan kehidupan tentara.

Namun, tentara Amerika Serikat sejak itu telah menerbitkan penafian tentang metode tersebut. Mereka mengatakan bahwa tidak ada formula ajaib selain dengan mendengarkan tubuh diri sendiri.

Tidur sangatlah penting untuk mempertahankan energi, menyeimbangkan emosi, kinerja kerja dan kebugaran, serta kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kebanyakan orang berjuang dengan masalah tidur karena tidak mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat, tidur tidak tenang, atau kombinasi keduanya.

Sebuah penelitian terbaru oleh Universitas Uppsala di Swedia mengungkapkan bahwa pola tidur yang terganggu dapat mengubah metabolisme dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyimpan lemak, membuat adanya hubungan yang kuat dengan obesitas.

Studi Eropa tentang kardiologi juga menemukan bahwa tidur kurang dari lima jam semalam bisa sama buruknya dengan merokok.

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.