Tak Disangka, Lukisan Indah Ini Terbuat dari Ribuan Miniatur Orang

Oleh Liputan6dotcom pada 02 Nov 2018, 10:02 WIB
Unik, Lukisan Ini Ternyata Terbentuk dari Ribuan Orang Kecil

Liputan6.com, Jakarta - Melukis di atas kanvas memang sudah biasa, tetapi pernahkah Anda melihat lukisan yang dibentuk dari gambar manusia-manusia dengan ukuran yang sangat kecil?

Jika dilihat dari jauh, potret Michael Jackson karya seniman Craig Alan di atas tampaknya terbuat dari ribuan titik cat yang ditempatkan secara khusus. Namun, bila Anda memperhatikan lukisan tersebut lebih dekat, Anda akan melihat bahwa titik-titik itu sebenarnya adalah pola sosok manusia dengan ukuran yang sangat kecil hingga membentuk sebuah gambar utama.

Dapat dikatakan bahwa lukisan ini terbentuk dari kumpulan pola manusia yang juga digambar oleh Alan. Seri "Populous" karya Craig Alan terinspirasi oleh pandangan mata seekor burung dari kondominium milik ibunya di Orange Beach, Alabama. Ia sedang mengawasi orang-orang di pantai sambil memotret mereka.

Alan menyadari bahwa orang-orang yang sedang berada di pantai itu jika dilihat dari ketinggian yang cukup seakan sedang membentuk sebuah pola.

Unik, Lukisan Ini Ternyata Terbentuk dari Ribuan Orang Kecil
Lukisan Joker karya Alan Craig. (Sumber foto: Craig Alan/Facebook)

 

Dalam salah satu fotonya terlihat orang-orang tampak membentuk mata, kemudian dari situlah insting kreatif Alan pun berjalan.

Ia mulai melukis orang-orang kecil di kanvas putih lalu memposisikan mereka sedemikian rupa sehingga mereka dan bayangan mereka membentuk potret terperinci dari beberapa tokoh sejarah ikonik dan karakter film, mulai dari Michael Jackson, Mona Lisa hingga Joker.

Serial 'Populus' adalah tentang mengubah perspektif masyarakat dalam memandang dirinya sendiri dari sesuatu yang 'besar' ke sesuatu 'kecil'. Masyarakat seringkali memandang umat manusia atas keagungan yang mereka miliki. Dalam skema yang lebih besar, Alan ingin menampilkan sisi lain dari keberadaan umat manusia yang kecil.

BARU BELI TEKO AIR, PRIA INGGRIS DAPAT BONUS ULAR

Tutup Video
2 of 2

Pameran hasil lukisan-lukisan Alan

Unik, Lukisan Ini Ternyata Terbentuk dari Ribuan Orang Kecil
Pameran lukisan Alan Craig. (Sumber foto: Craig Alan/Facebook)

Alan sering mengikuti beragam lukisan. Tak sedikit karyanya yang ikut menghiasi pameran seni bergengsi di Florida, AS. Hasil lukisannya pun tidak hanya bertema hitam putih saja, tetapi juga banyak lukisannya yang berwarna-warni.

Unik, Lukisan Ini Ternyata Terbentuk dari Ribuan Orang Kecil
Lukisan Lichtenstein karya Alan Craig. (Sumber foto: Craig Alan/Facebook)

Jika dilihat dari dekat, lukisan Alan menyerupai bentuk-bentuk manusia berukuran kecil seperti berikut ini.

Unik, Lukisan Ini Ternyata Terbentuk dari Ribuan Orang Kecil
Pola ribuan manusia kecil bila dilihat dari dekat. (Sumber foto: Craig Alan/Facebook)

Alan betul-betul merupakan seorang seniman yang sangat memperhatikan detail sekecil apa pun itu. Karya-karya yang dibuatnya sangat menakjubkan, bukan? Bagaimana menurutmu?

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

Lanjutkan Membaca ↓