Sukses

Terpanjang di Dunia, Tiongkok Resmi Miliki Jembatan Laut Sepanjang 55 Km

Tak hanya waktu yang lama, biaya yang dikeluarkan untuk membangun jembatan ini juga sangat fantastis.

Liputan6.com, Jakarta Hong Kong baru saja merampungkan proyek pembangunan jembatan terpanjang di dunia. Jembatan yang dibangun di atas laut ini dikatakan memiliki panjang hingga 34 mil atau sekitar 54,7 kilometer.

Jembatan yang baru dibuka hari ini Rabu (24/10) dibangun guna mempermudah mobilitas masyarakat China demi mengejar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia. Jembatan ini menghubungkan Hong Kong-Zhuhai-Macau.

Dengan panjang yang hampir mencapai 55 kilometer, jembatan baru ini resmi dinyatakan sebagai jembatan laut terbesar di dunia usai mengalahkan Jembatan Jiaozhou Bay, yang membentang 26,3 mil (42 kilometer).

Nyatanya hanya kendaraan tertentu yang memiliki izin menyebrangi jembatan ini. Jenis kendaraan tersebut seperti angkutan umum, kendaraan pengangkut barang, dan mobil pribadi. Sedangkan pengendara sepeda, sepeda motor maupun pejalan kaki dilarang melintas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuai Pro dan Kontra

Untuk proses pengerjaan sendiri, jembatan ini membutuhkan waktu 20 kali lipat lebih lama dari Golden Gate Bridge. Tak hanya pengerjaan yang cukup lama, biaya yang dikeluarkan juga fantastis. Bagaimana tidak, jembatan ini dikatakan telah menelan dana sekitar hampir Rp 300 Triliun. Tak hanya mampu bertahan lebih dari satu abad, jembatan ini juga didesain tahan badai dan gempa bumi.

Tak sedikit yang mengkritik bahwa proyek jembatan ini sebagai pemborosan dana pajak. Meski begitu banyak pula yang menilai pembangunan jembatan ini sebagai hal yang positif terlebih lagi jembatan ini akan menghubungkan hingga lebih dari 70 juta orang.

Reporter: Eki Arum Khasanah

Sumber: Brilio.net 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.