Sukses

Jauh Lebih Ganas dari Hiu Putih, 7 Monster Laut Prasejarah Mengerikan

Berikut deretan monster laut prasejarah yang jauh lebih ganas dari hiu putih

Liputan6.com, Jakarta - Hewan-hewan di era Dinosaurus memiliki bentuk-bentuk yang mengerikan. Tak heran, banyak spesies Dinosaurus menjadi raja hewan dalam sejarah.

Di lautan pun begitu. Berikut deretan monster laut prasejarah yang jauh lebih ganas dari hiu putih seperti dilansir dari Listverse.

1. Shastasaurus

Pada periode Triassic, 200 juta tahun yang lalu, bentuk ichthyosaurus mirip dengan lumba-lumba, hanya ukurannya lebih masif dan mengerikan. Salah satu variannya adalah Shastasaurus.

Ukurannya dapat mencapai 20 meter. Hewan ini menjadi salah satu terpanjang dari semua predator. Malahan, Shastasaurus menjadi momok bagi ikan-ikan yang berada di satu ekosistem dengan hewan ini.

2. Dakosaurus

Ini merupakan reptil amfibi yang ditemukan fosilnya di Jerman, Inggris, Rusia, dan Argentina. Ilmuwan menyebutnya sebagai salah satu predator mengerikan di periode Jurassic.

Hewan ini sering disamakan dengan buaya di masa modern karena kemiripan anatomi tubuh. Yang membedakan adalah Dakosaurus panjang maksimalnya hanya 5 meter tapi struktur giginya amat tangguh buat mencabik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Thalassomedon

Salah satu spesies dari Pliosaur ini dijuluki si Raja Laut dikarenakan ukurannya yang bisa mencapai 12 meter. Ukuran siripnya pun masif karena masing-masing sebesar 2 meter.

Sirip sepanjang itu membantu Thalassomedon berenang ke dalam laut untuk memangsa. Di Periode Kapur, dialah pemuncak rantai makanannya.

4. Nothosaurus

Meski ukurannya hanya 4 meter, tapi hewan purba ini merupakan predator yang super agresif. Giginya yang tajam dan panjang ampuh mencabik cumi-cumi dan ikan.

 

3 dari 4 halaman

5. Tylosaurus

Ini merupakan salah satu spesies dari Mosasaur yang merupakan kadal laut raksasa. Tak cuma mengerikan, ukurannya bisa mencapai 15 meter.

Jika di poin sebelumnya Thalassomedon adalah penguasa laut di era Kapur. Tylosaurus adalah penguasa laut di akhir era Kapur, terutama di lautan Amerika Utara.

6. Mosasaurus

Dinosaurus ini terkenal sebagai dino air yang memakan hiu di film Jurassic World. Ukurannya bisa mencapai 15 meter. Malahan, kepalanya mirip buaya dengan ratusan gigi tajam yang kecil dan mematikan.

 

4 dari 4 halaman

7. Megalodon

Megalodon menjadi salah satu hewan paling besar dalam sejarah lautan. Hewan ini hidup di era Senozoikum yakni 28-1,5 juta tahun yang lalu.

Megalodon merupakan versi raksasa dan lebih mematikan dari hiu putih. Hewan ini bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai 20 meter.

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.