5 Makanan Tertua di Dunia yang Dikonsumsi hingga Kini, Mana Favoritmu?

Oleh Liputan6dotcom pada 18 Okt 2018, 16:02 WIB
Diperbarui 18 Okt 2018, 16:02 WIB
Ilustrasi makanan sehat
Perbesar
Rajin membersihkan wajah belum bisa dibilang membuat kulit halus, lembut dan cerah, tanpa asupan makanan bergizi. Kok bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Semakin berkembangnya zaman, ada begitu banyak pula inovasi baru yang muncul, tak terkecuali di bidang dunia kuliner.

Namun, pernahkah Anda mengetahui dari sekian banyaknya jenis makanan yang ada di dunia, makanan manakah yang umurnya paling tua?

Berikut ini mari simak daftar makanan yang ternyata sudah ada sejak zaman kuno.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Wine

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Anggur dikenal sebagai bagian penting dari gaya hidup masyarakat Romawi Kuno. Bahkan, keberadaan minuman satu ini sudah sangat populer di kalangan manusia sebelum munculnya Roma.

Berbagai bukti arkeologis membuktikan bahwa anggur merupakan minuman fermentasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Pancake

Pancake telur pisang
Perbesar
Pancake ini memiliki resep paling mudah, dengan sebuah telur dan dua buah pisang. (foto : thekitchn)

Pancake seringkali dijadikan sebagai menu makanan saat sarapan. Makanan ini sering disandingkan dengan buah-buahan, cokelat, sirup dan berbagai topping lainnya.

Sejarah mencatat bahwa panekuk atau pancake ini sudah ada sejak 3.300 SM. Penelitian ini didapat dari bukti ditemukannya mumi di Pegunungan Alpen.

Otzi Iceman, laki-laki ini, ditemukan wafat dan mayatnya telah dimumikan secara alami dan ditemukan pada 1991 di Pegunungan Alpen Italia.

Para peneliti yang meneliti mayat Otzi mengungkapkan bahwa makanan terakhir yang ia santap kemungkinana besar terdiri atas daging kambing hutan dan daging rusa merah bersama dengan panekuk gandum yang telah dimasak di atas api terbuka.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Roti

Ilustrasi Roti Gandum
Perbesar
Ilustrasi roti gandum. (iStock)

Menurut sejarawan, roti muncul sepanjang sejarah dalam berbagai bentuk. Para peneliti di Oxfordshire, Inggris, menemukan potongan-potongan kecil roti yang menghitam berumur 5.500 tahun.

Menurut laporan, potongan roti tersebut masih ada dan bertahan selama bertahun-tahun karena dibakar dan berisi selai.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Cokelat

20150716-Obat Alami Anti-Depresi, Yuk Makan 6 Makanan Ini 1
Perbesar
Cokelat hitam memang lebih pahit, namun lebih kaya antioksidan. Jika ingin tidak stres, maka makan dark cokelat adalah wajib hukumnya. (Istimewa)

Para arkeolog telah menemukan bukti bahwa produksi cokelat pertama kali dilakukan oleh orang-orang Olmec kuno di Meksiko.

Akar tumbuhan ini ditemukan di Amerika. Ketika para ilmuwan hendak menguji bagian dalam pot untuk theobromine kimia, mereka menemukan adanya indikator kakao yang andal.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Madu

3 Manfaat Rahasia di Balik Madu untuk Perawatan Kulit
Perbesar
Intip di sini beberapa manfaat madu untuk perawatan kulit Anda, penasaran? (iStockphoto)

Madu memiliki banyak sifat antiseptik dan rasa manis yang kuat. Menurut para ilmuwan, keberadaan madu sudah ada sejak 5.500 tahun yang lalu, sama seperti roti.

Para peneliti menemukan botol sebuah makam terlantar yang sudah lama di Georgia berisi madu dan dianggap sebagai madu tertua di dunia.

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

Lanjutkan Membaca ↓