Sukses

Kalahkan Albert Einstein, 7 Wanita Jenius dengan IQ Tertinggi di Dunia

Seringnya, peran wanita disepelekan dalam bidang akademisi atau keilmuan. Padahal, banyak wanita yang telah berkontribusi terhadap kemajuan zaman.

Liputan6.com, Jakarta - Seringnya, peran wanita disepelekan dalam bidang akademisi atau keilmuan. Padahal, banyak wanita yang telah berkontribusi terhadap kemajuan zaman.

Misalnya saja, beberapa wanita ini yang memiliki IQ tinggi di atas rata-rata. Bahkan, ada yang IQ-nya melebihi Albert Einstein dengan IQ 160.

Siapa saja mereka, melansir dari berbagai sumber, ini dia.

1. Manahel Thabet, 168

Ia menjadi orang termuda menerima gelar Ph. D magna cum lauda dalam bidang Financial Engineering saat usianya baru 25 tahun. Tak hanya itu, pada 2012 ia membuat terobosan, yakni menciptakan rumusan formula sebanyak 350 halaman untuk menghitung jarak luar angkasa tanpa menggunakan cahaya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Judit Polgar, 170

Meski terkenal jenius, ia tidak berasal dari kalangan akademisi. Malahan, ia terkenal karena mengalahkan grandmaster catur saat usianya 11 tahun. Kemudian menjadi grandmaster catur saat usianya baru 15 tahun.

 

3 dari 7 halaman

3. Grace Hooper, 175

Lain lagi dengan wanita ini, dalam urusan teknologi komputer, nama Grace Hooper adalah salah satu yang patut diperhitungkan. Ia merupakan ilmuwan komputer asal Amerika Serikat. Ia dianggap salah satu wanita terpintar di dunia karena kontribusinya terhadap bidang komputasi amatlah besar hingga kini. Sayang, ia telah berpulang pada 1992 dalam usia 92 tahun.

 

4 dari 7 halaman

4. Ruth Lawrence, 175

Ia merupakan profesor matematika sekaligus ahli matematika terkemuka di Inggris. Ia banyak menyumbangkan pemikiran di bidang topologi aljabar dan teori simpul. Ia masuk Universitas Oxford pada usia 10 tahun dan menjadi orang termuda yang lulus Oxford pada era masa kini.

 

5 dari 7 halaman

5. Marie Curie, 185

Perempuan Prancis berdarah Polandia ini mendapat penghargaan nobel Fisika pada 1903 dan di bidang kimia pada 1911. Ia banyak menghabiskan hidupnya untuk mempelajari kedua ilmu tersebut serta memiliki ketertarikan terhadap radioaktivitas.

 

6 dari 7 halaman

6. Marilyn vos Savant, 186

Kecerdasannya telah terlihat sejak kecil. Saat berusia 10 tahun dan menjalani tes IQ, skornya adalah 186. Ia memiliki kemampuan individu yang setara dengan orang dewasa berusia 23 tahun.

Uniknya, dengan IQ tinggi yang ia miliki, bukannya menjadi ilmuwan atau akademisi, ia justru memilih menjalankan program bernama AskMarilyn di mana ia akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya.

 

7 dari 7 halaman

7. Edith Stern, 200

Ia merupakan wanita superjenius. Gemblengan sang ayah diperkirakan menjadi pemicunya. Pada umur satu tahun, ia telah mampu berbicara satu kalimat lengkap. Pada usia 4 tahun, ia sudah mulai membaca Encyclopedia Britannica dan rampung membaca keseluruhan pada usia 5 tahun.

Reporter: mgg/renno hadi

Sumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.