Waspada, 5 Benda di Restoran Ini Sesungguhnya Sarang Kuman

Oleh Sulung Lahitani pada 11 Okt 2018, 19:01 WIB
Diperbarui 11 Okt 2018, 19:01 WIB
Waspada, 5 Benda di Restoran Ini Sesungguhnya Sarang Kuman

Liputan6.com, Jakarta - Meski biasanya karyawan restoran selalu membersihkan tempat mereka, tak jarang ada beberapa tempat yang luput. Tempat-tempat tersebut kemudian menjadi sarang kuman yang bisa saja berbahaya bagi Anda.

Melansir dari Shared.com, berikut 5 benda di restoran yang menjadi sarang kuman tanpa Anda sadari.

1. Wadah garam, merica, dan kecap

Bumbu yang ditinggalkan di meja digunakan oleh pelanggan. Tahukah Anda, jumlah kuman yang terdapat di wadahnya sangat mengkhawatirkan.

Good Morning America menemukan botol lada rata-rata mengandung 11 ribu bakteri. Dan karena mereka jarang dibersihkan, hanya diisi ulang, wadah tersebut menjadi tempat berkembang biak bagi kuman.

2. Kursi balita

Bila Anda membawa balita ke restoran, Anda pasti akan diberikan kursi khusus balita agar buah hati bisa ikut duduk di sebelah Anda. Meski demikian, kursi tersebut sebenarnya penuh dengan kuman.

Air liur, sisa makanan, dan kuman dari makanan tertinggal di tempat tersebut karena cara makan yang berantakan. Ada risiko kuman berbahaya seperti E. coli menyebar dari tempat tersebut. Bawalah selalu pembersih desinfektan sebelum meletakkan buah hati Anda di sana.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 3 halaman

3. Mesin es

Ilustrasi Es Batu
Ilustrasi es batu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Studi menunjukkan air di mesin es restoran mengandung lebih banyak bakteri daripada air di toilet mereka sendiri. Mesin es adalah perangkat yang rumit dan sulit dibersihkan. Tambahlah bila si pemilik restoran malas membersihkannya.

Tak jarang, kuman berbahaya seperti E. coli ditemukan di mesin es yang tercemar. Ini termasuk mesin es di restoran cepat saji.

4. Irisan lemon/jeruk nipis

Bila Anda mampir ke restoran tertentu, pasti Anda akan menemukan irisan lemon atau jeruk nipis di atas meja. Biasanya ini digunakan untuk membumbui makanan. Terkadang, irisan lemon juga digunakan sebagai hiasan.

Beberapa penelitian telah menyoroti betapa kotornya bagian luar lemon restoran karena sering disentuh oleh banyak orang setelah disajikan. Dalam sebuah penelitian, hampir 70% jeruk nipis yang diperiksa positif mengandung kuman.

 

3 dari 3 halaman

5. Menu makanan

Daftar Menu Harga RM Selera Anyer
Foto: Yandhi Deslatama / Liputan6.com

Pernahkah Anda menyadari kalau daftar menu yang Anda sentuh di restoran telah disentuh pula oleh ratusan orang. Daftar menu makanan dapat mengandung sekitar 185 ribu bakteri. Jumlah ini bahkan melebihi rata-rata jumlah kuman di kursi toilet Anda.

Mintalah pengganti jika Anda diberikan daftar menu yang kotor. Dan tentunya, jangan lupa untuk mencuci tangan setelah memesan, sebelum makanan Anda tiba.

Lanjutkan Membaca ↓