Sukses

Membuka Asian Para Games 2018, Jokowi Semangat Belajar Bahasa Isyarat

Jokowi ternyata melakukan proses yang tidak singkat untuk mempelajari bahasa isyarat untuk acara pembukaan Asian Para Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menjadi sorotan dalam acara pembukaan Asian Para Games 2018 pada Sabtu (6/10/2018). Aksi penggunaan bahasa isyarat yang dilakukan orang nomor satu di Indonesia tersebut tentu menyita perhatian publik, hingga berkesan bagi para penyandang disabilitas.

Jokowi ternyata melakukan proses yang tidak singkat untuk mempelajarinya. Hal tersebut diungkapkan oleh putra Dewi Yull, Surya Putra Sahetapy. Surya adalah pengajar bahasa isyarat untuk Jokowi pada opening Asian Para Games 2018. 

"Beliau (Jokowi) sangat sabar dan bersedia untuk melatih secara berulang-ulang dalam menggunakan bahasa isyarat seperti dari bandara, berjalan kaki menuju pesawat, dalam pesawat bahkan di GBK sebelum opening dimulai," tulis aktivis tuli kelahiran 1993 tersebut melalui akun Instagram-nya.

Berikut potret Jokowi saat belajar bahasa isyarat seperti dirangkum dari akun Instagram Surya Sahetapy dengan nama @suryasahetapy.

1. Sebelumnya, Jokowi sendiri sempat belajar bahasa isyarat dengan menonton video

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Tetapi, beliau tidak puas dan merasa perlu untuk bertemu dengan pengajar bahasa isyarat secara langsung

3 dari 7 halaman

3. Surya mengatakan bahwa Presiden Jokowi begitu sabar dan telaten ketika mempelajari bahasa tersebut

4 dari 7 halaman

4. Beliau terus mempraktekkannya hingga beberapa waktu sebelum acara pembukaan Asian Para Games dimulai

5 dari 7 halaman

5. Diskusi mengenai bahasa isyarat juga dilakukan saat sang presiden bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

6 dari 7 halaman

6. Suasana yang tercipta tak melulu serius dan kaku. Tetap ada tawa yang membuat suasana jadi tidak kaku ketika proses belajar berjalan

 
 
 
View this post on Instagram

Bagaimana Presiden @jokowi belajar bahasa isyarat untuk @asianpg2018 ? Mari kita simak video ini . Beliau sangat sabar dan bersedia untuk melatih secara berulang-ulang dalam menggunakan bahasa isyarat seperti dari bandara, berjalan kaki menuju pesawat, dalam pesawat bahkan di GBK sebelum opening dimulai. Iya, cara cepat belajar bahasa isyarat adalah belajar dari Instruktur Tuli. Saya juga bagian dari tim @pusbisindo. Semoga jumlah tenaga ajar bahasa Isyarat bertambah banyak dan menyebar ke Indonesia supaya adik-adik Tuli terus mendapatkan akses Bahasa Isyarat demi mengakses Bahasa Indonesia . Tidak terasa bahwa waktu berlalu cepat juga, ya. Terima kasih atas kiriman videonya, Pak @suhartono323, @beymachmudin dan tim Media Sekretariat Presiden. #SemangatIndonesia #IndonesiaRamahDisabilitas

A post shared by Surya Putra (@suryasahetapy) on

7 dari 7 halaman

7. Surya merasa sangat senang karena mendapat kesempatan untuk mengajarkan bahasa isyarat ke Presiden Jokowi

Yuk, semangati para atlet Indonesia yang berkompetisi di Asian Para Games 2018.

Reporter:

Aliftya Amarilisya

Sumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.