Umurmu Mempengaruhi Apa yang Kamu Lihat di Ilusi Optik Ini

Oleh Sulung Lahitani pada 05 Okt 2018, 20:00 WIB
Umurmu Mempengaruhi Apa yang Kamu Lihat di Ilusi Optik Ini

Liputan6.com, Jakarta My Wife and My Mother in Law adalah salah satu ilusi optik paling terkenal di dunia. Ini bergantung pada persepsi: Anda dapat melihat seorang wanita muda berpaling atau seorang wanita lebih tua yang menatap ke arah sisi kiri gambar. Tapi Anda hanya bisa melihatnya satu per satu.

 

Umurmu Mempengaruhi Apa yang Kamu Lihat di Ilusi Optik Ini
Doc: Wikimedia Commons

Lihat itu? Dagu perempuan muda itu menjadi hidung wanita yang lebih tua dan dagu wanita tua itu menjadi bagian leher wanita muda.

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa Anda melihat salah satu wanita saja pertama kali, sebuah penelitian di Australia yang dilakukan 2 profesor psikologi menyimpulkan bahwa itu berkaitan dengan usia Anda.

Menurut penelitian, seseorang yang lebih muda akan melihat wanita yang lebih muda terlebih dahulu, sementara orang yang lebih tua akan melihat wanita yang lebih tua terlebih dahulu. Melansir dari Business Insider, penelitian tersebut melibatkan 393 peserta (242 laki-laki, 141 perempuan) dari usia 18 hingga 68, meskipun usia rata-rata adalah 32 tahun.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 of 2

Selanjutnya

Kepribadian
Kepribadian dilihat dari ilusi optik. Sumber foto: yourtango.com.

Para peserta kemudian diperlihatkan gambar selama setengah detik kemudian ditanyai jenis kelamin serta usianya. Para peneliti kemudian memisahkan hasil survei menjadi 2 kelompok. Kemudian diketahui, kelompok yang lebih tua melihat siluet wanita tua terlebih dahulu. Sedangkan yang lebih muda melihat wanita muda terlebih dahulu.

Inti dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah bias usia memengaruhi interpretasi awal suatu gambar pada tingkat bawah sadar.

Lanjutkan Membaca ↓