Hari Batik Nasional, Warganet Ajak Pakai Batik Terbaikmu Hari Ini

Oleh Yulia Lisnawati pada 02 Okt 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2018, 12:00 WIB
Peringatan Hari Batik
Perbesar
Para pedagang batik di Pasar Klewer Solo ikut memeriahkan Hari Batik dengan melakukan peragaan busana di catwalk dadakan di jalan depan pasar,Senin (2/10).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang jatuh pada Selasa (2/10/2018), masyarakat Indonesia berbondong-bondong menyuarakan wajibnya mengenakan batik saat beraktifitas hari ini.

Sejak kemarin, topik Hari Batik Nasional memang telah ramai diperbincangkan warganet. Bahkan keriuhan tersebut hingga kini masih membanjiri jejaring sosial.

Pantauan Citizen6-Liputan6.com, Selasa (2/10/2018), dalam lini masa Twitter terlihat warganet menuliskan beragam twit yang mengajak para pengikutnya untuk mengenakan batik terbaik yang dimiliki untuk dipakai di Hari Batik Nasional.

Namun, tak hanya warganet biasa yang memperingatinya, para tokoh Indonesia, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga tak mau kalah untuk meramaikan peringatan Hari Batik Nasional. Mereka tampak membuat twit yang menunjukkan potret mereka ketika mengenakan batik, tak lupa juga mengajak seluruh masyarakat untuk memakai batik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Jadi Trending Topic

[Fimela] Belajar melestarikan batik dari penyandang disabilitas di Kampoeng Batik Palbatu
Perbesar
Jangan cuma mendadak pakai batik di Hari Batik, ikuti jejak para penyandang disabilitas di Kampoeng Batik Palbatu. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Berikut twit para tokoh Indonesia dan warganet lainnya yang mengajak masyarakat untuk mengenakan batik di Hari Batik Nasional.

Saking banyaknya twit mengenai Hari Batik Nasional, perbincangan tersebut pun menjadi topik yang paling ramai dibahas warganet. Kata kunci #HariBatikNasional dan #BatikDay berada di jajaran trending topic teratas Twitter kawasan Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Batik Indonesia memiliki simbolisme yang kaya terkait dengan status sosial

[Fimela] Belajar melestarikan batik dari penyandang disabilitas di Kampoeng Batik Palbatu
Perbesar
Jangan cuma mendadak pakai batik di Hari Batik, ikuti jejak para penyandang disabilitas di Kampoeng Batik Palbatu. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Batik Indonesia memiliki simbolisme yang kaya terkait dengan status sosial, masyarakat setempat, alam, sejarah dan warisan budaya. Bagi masyarakat Indonesia batik merupakan identitas dan komponen penting yang terus berkembang tanpa kehilangan makna tradisionalnya. 

Setidaknya hal kecil seperti mengenakan pakaian ataupun aksesori bertemakan batik membantu masyarakat untuk melestarikan dan mencintai batik asal Indonesia. Bagaimana dengan kamu, apakah kamu memakai batik di momen Hari Batik Nasional ini?

 

Lanjutkan Membaca ↓