Sukses

4 Potret Menakjubkan Bumi yang Cuma Bisa Dilihat dari Luar Angkasa

Penampakan bumi dari luar angkasa bikin banyak orang takjub.

Liputan6.com, Jakarta - Planet bumi kita memang punya beragam pemadangan indah di dalamnya. Tapi selain di dalam, penampakan bumi dari luar angkasa ternyata tak kalah menakjubkan. Walaupun hanya asronot yang bisa melihat pemandangan planet bumi dari atas.

Namun empat gambar ini menjadi bukti bahwa bumi merupakan planet yang unik. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut potret menarik dari bumi yang diambil oleh astronot NASA.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pemandangan cahaya lampu kota

Jika dilihat dari luar angkasa, langit AS dipenuhi dengan hiasan lampu kota. Gemerlap lampu indah ini terlihat di sepanjang pantai timur laut Amerika Serikat, New York City dan Newark, NJ.

Penampakan ini berhasil ditangkap oleh astronot NASA dari luar angkasa. Terlihat indah bukan?

3 dari 5 halaman

2. Badai Florence

NASA merilis hasil rekaman badai Florence yang diambil oleh kamera para astronot dari Stasiun Luar Angkasa. Tampak awan putih yang berputar dan mengumpul.

Tak hanya NASA, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) juga merilis foto satelit badai Florence yang menunjukkan seberapa besar badai tersebut bila dibandingkan dengan Amerika Serikat.

4 dari 5 halaman

3. Erupsi Gunung Sarychev

Aktivitas gunung merapi juga terpantau dari luar angkasa. Pemandangannya lebih menakjubkan daripada dilihat di depan mata. Dari luar angkasa, terlihat awan panas yang membumbung tinggi saat erupsi Gunung Sarychev.

Pada 12 Juni 2009, gunung ini meletus dan mengirimkan abu vulkanik. Karena lokasinya berada pada jalur penerbangan antara Asia Timur dan Amerika Utara, letusan ini membuat kekacauan pada lalu lintas penerbangan.

5 dari 5 halaman

4. Aurora di Samudera Hindia

Pancaran aurora muncul di Samudera Hindia. Biasanya sinar aurora membentang di kutub selatan atau utara.

Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya). 

Reporter:

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.