Sukses

Kisah Anthonius, Petugas ATC Bandara Palu yang Korbankan Nyawa Saat Gempa

Anthonius dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu (29/9) melalui akun Twitter resmi AirNav Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kembali berduka, usai Lombok kini Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, baru saja diguncang gempa 7,4 SR (sebelumnya disebut 7,7) pada Jumat (28/9) sore. Gempa berkekuatan dahsyat ini membuat sebagian besar wilayah di Palu, Donggala dan Mamuju, Sulawesi Tengah, terdampak parah.

Tak hanya itu banyak korban meninggal akibat gempa yang disusul dengan tsunami ini. Salah satunya ialah petugas bandara Palu yang turut tewas ketika bertugas. Dia adalah Anthonius Gunawan Agung.

Pria 21 tahun ini, tewas sesaat setelah menjalankan tugasnya saat gempa. Anthonius melompat dari menara saat gempa bumi mengguncang Palu setelah dia memastikan pesawat maskapai Batik Air terbang dengan selamat. Insiden ini diketahui melalui unggahan pengamat penerbangan dan investigator swasta khusus kasus-kasus kecelakaan pesawat, Gerry Soejatman, dalam akun Twitternya.

Tak berselang lama, akun Twitter resmi AirNav mengabarkan bahwa Anthonius telah meninggal dunia. Anthonius dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu (29/9). 

"Telah wafat saat menjalankan tugasnya sebagai personel layanan navigasi penerbangan, Saudara Anthonius Gunawan Agung, Air Traffic Controller (ATC) AirNav Indonesia Cabang Palu pada Sabtu (29/09)" tulis akun AirNav.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksinya Dipuji

Kisah Anthonius ini pun membawa duka tak hanya bagi keluarga, tapi juga bagi netizen. Banyak dari netizen yang turut berbelasungkawa dan memuji aksi heroiknya. Tak sedikit pula yang mendoakan agar Anthonius mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

"Turut berduka cita...Saya dengar Saudara Anthonius sedang memandu pesawat yg sedang Take Off dan Dia bertahan sampai pesawat selamat take off. Sungguh heroik. Salut..semoga Tuhan memberi tempat yg mulia di sisi Nya.Amin" ujar akun @infallibiliti1.

Sementara akun @s4rlis menulis "Turut berdukacita, semoga masuk Rumah Bapa".

"Turut berduka cita utj almarhum Anthonius Gunawan Agung,tuntas sdh tugasmu di dunia,damailah di sisi Tuhan...amin..." komentar akun @DewaYasmin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.