Sukses

Begini Kondisi Jembatan Ikon Kota Palu yang Hancur Akibat Gempa

Tak hanya gempa, jembatan ini juga hancur akibat tsunami.

Liputan6.com, Jakarta Masih jelas di ingatan bencana gempa di Lombok beberapa waktu lalu yang memakan banyak korban jiwa. Gempa berkekuatan dahsyat kembali mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9). Guncangan sebesar 7,7 SR ini berdampak hingga ke Palu. Bahkan, sempat terjadi tsunami setinggi 1,5 meter di dua daerah tersebut.

Banyak bangunan luluh lantak dan korban jiwa berjatuhan. Di media sosial banyak beredar pula video-video amatir yang menunjukkan suasana dua kota tersebut hancur berantakan akibat bencana ini.

Jembatan yang menjadi ikon Kota Palu bahkan ikut hancur akibat gempa 7,7 SR ini. Kabar runtuhnya jembatan Ponulele ini dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Melalui Twitter-nya, Sutopo mengunggah video detik-detik jembatan yang khas dengan warna kuning itu saat runtuh.

"Kondisi jembatan Ponulele di Kota Palu yang hancur akibat gempa 7,7 SR. Jembatan ini sebelumnya sebagai icon Kota Palu. Kondisinya hancur. Pascagempa tsunami menerjang pantai sekitarnya. Permukiman di bawah hancur dan terbawa tsunami," tulisnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Netizen Turut Berduka

Pada video berdurasi 49 detik itu terlihat jembatan yang berada dekat dengan Pantai Talise ini sudah hancur berantakan. Tak hanya jembatan tersebut, permukiman warga di bawah jembatan juga ikut hancur dan hanyut diterjang oleh tsunami.

Tak hanya video, Sutopo juga sempat mengunggah foto perbandingan kondisi sebelum dan sesudah jembatan tersebut digoyang gempa dahsyat. Tentu banyak warganet yang turut berduka atas bencana ini.

"Inalilahi semoga tidak banyak terjadi korban," tambah akun @anangSoewandi.

"Innalillahi wainnailaihi roji'un. Semoga di beri keselamatan dan kessehatan untuk saudara saudara kita. Aamiin. #PrayforDonggala #PrayForPalu #PrayforSulteng #prayforindonesia," ujar akun @aqib_E28.

Reporter: Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.