Sukses

Keutamaan Bulan Muharram Menurut Islam, Amalan Hari Asyura, dan Keutamaan Puasa Muharram

Bulan September 2018 ini, umat Islam memperingati Tahun Baru Islam. Bulan Muharram pun datang menandai tahun Baru bagi umat Islam ini.

Jakarta Bulan September 2018 ini, umat Islam memperingati Tahun Baru Islam. Bulan Muharram pun datang menandai tahun Baru bagi umat Islam ini.

Di dalam kalender Hijriyah, bulan Muharram sendiri merupakan salah satu dari empat bulan yang mulia. Bulan mulia lainnya adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Di bulan-bulan tersebut manusia dilarang menzalimi diri sendiri dan melalukan perbuatan dosa. Alih-alih, ini adalah waktu yang tepat untuk memetik berbagai keutamaan bulan Muharram.

Berikut deretan keutamaan bulan Muharram seperti yang dirangkum Liputan6.com pada Senin (24/9/2018) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Keutamaan Bulan Muharram Menurut Sunnah

Keutamaan bulan Muharram telah ditegaskan sendiri oleh Allah SWT melalui firmannya yang tertuang dalam Alquran Surat At Taubah ayat 36.

"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu."

Rasulullah Muhammad SAW menyebut bulan Muharram sebagai Syahrullah (bulan Allah). Karena itu, umat Islam wajib tahu keutamaan bulan Muharram termasuk soal menjalani Puasa Muharram.

Sebelum datangnya syiar Islam yang disampaikan oleh Rasulullah Muhammad SAW, bulan Muharram disebut dengan Shafar Al Awwal. Sedangkan bulan Shafar, yang merupakan bulan kedua, disebut dengan Shafar Ats Tsani.

Saat Islam datang, bulan ini dinamai Muharram. Dalam bahasa Arab, Muharram bermakna 'waktu yang diharamkan'. Maksudnya, pada bulan ini manusia dilarang menzalimi diri sendiri dan melalukan perbuatan dosa.

Salah satu amalan yang paling afdol di bulan Muharram adalah menjalankan ibadah puasa Muharram, seperti yang dicontohkan nabi-nabi dan rasul terdahulu. Puasa Muharram ini ada dua yang paling utama, yaitu puasa Tasu'a dan Puasa Asyura.

3 dari 6 halaman

Keutamaan Puasa Muharram

Salah satu keutamaan bulan Muharram berupa puasa Asyura adalah dihapuskannya dosa-dosa setahun yang lalu.

Penjelasan tentang penghapusan dosa-dosa setahun lalu tersebut diungkapkan dalam hadits puasa Asyura berikut ini.

Abu Qotadah Al Anshoriy berkata, "Nabi shallallahu'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab, "Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim no. 1162).

Selain keutamaan bulan Muharram tersebut, banyak peristiwa penting yang terjadi di balik puasa Asyura.

Berikut adalah beberapa peristiwa sejarah penting yang terjadi pada hari Asyura menurut Badaruddin al-'Aini dalam kitab Umdatul Qari' Syarah Shahih Bukhari, juz 11, halaman 117, yang dirangkum Liputan6.com dari Dream dan NU Online.

Badaruddin menjelaskan sebuah pendapat bahwa di hari Asyura itu Allah memberikan kemuliaan dan kehormatan kepada sepuluh nabi-Nya yaitu:

  • Kemenangan Nabi Musa atas Fir'aun
  • Pendaratan kapal Nabi Nuh setelah bumi ditenggelamkan selama 6 bulan
  • Keselamatan Nabi Yunus dengan keluar dari perut ikan
  • Ampunan Allah untuk Nabi Adam AS
  • Keselamatan Nabi Yusuf dengan keluar dari sumur pembuangan
  • Kelahiran Nabi Isa AS
  • Ampunan Allah untuk Nabi Dawud
  • Kelahiran Nabi Ibrahim AS
  • Nabi Ya'qub dapat kembali melihat
  • Ampunan Allah untuk Nabi Muhammad, baik kesalahan yang telah lampau maupun yang akan datang

Selain di atas, para ulama juga menjelaskan beberapa keistimewaan para nabi di hari Asyura, yaitu kenaikan Nabi Idris menuju tempat di langit, kesembuhan Nabi Ayub dari penyakit, dan pengangkatan Nabi Sulaiman menjadi raja.

4 dari 6 halaman

Keutamaan 10 Muharram

Di bulan Muharram, terdapat satu hari yang paling istimewa dan penuh dengan keutamaan bulan Muharram. Hari tersebut adalah hari Asyura yang merupakan tanggal 10 Muharram.

Berikut keutamaan bulan Muharram khususnya di hari asyura atau tanggal 10 Muharram.

 

Amalan pada Malam Asyura

Salah satu keutamaan bulan Muharram, tepatnya di malam sebelum hari Asyura, Anda bisa melakukan shalat sunnah. Shalat sunnah ini berupa shalat 2 raka'at atau 100 raka'at, bacaan tiap raka'at setelah Fatihah Al-Ikhas 3x.

Niat yang bisa Anda baca: "Aku niat shalat malam Asyura 2 raka'at sunnah karena Allah Ta'ala."

Setelah shalat, Anda bisa membaca Tasbih 70x, Shalawat 70x, Ayat Kursi 360x beserta Basmalah.

Keutamaannya:

  • Akan diberi kenikmatan ketika matinya.
  • Kehidupannya menjadi berkah.
  • Diberi pahala ibadah setara penduduk 7 lapis langit.
5 dari 6 halaman

Amalan Pada Siang Hari Asyura

Berikut adalah keutamaan bulan Muharram, terutama di waktu siang hari Asyura. Berikut ulasannya.

 

1. Puasa

Berikut keutamaan puasa Asyura:

  • Diberi pahala 10 ribu ibadah Malaikat
  • 10 ribu pahala orang yang mati syahid
  • 10 ribu pahala ibadah haji dan umrah
  • Dihapus dosa setahun yang telah lampau
  • Diberi pahala puasa setahun
  • Dihapus dosa 60 tahun
  • Ditulis ibadah 60 tahun siangnya berpuasa malamnya beribadah.

 

 

2. Shalat sunnah

Shalat sunnah juga merupakan ibadah yang bisa dikerjakan untuk memetik keutamaan bulan Muharram. Anda bisa melakukan shalat 4 raka'at dengan sekali salam. Bacaan tiap raka'at yang bisa dibaca adalah Al-Ikhlas sebanyak 50x. Shalat sunnah ini bisa digabungkan dengan shalat dhuha.

Niat yang bisa dibaca: "Aku niat shalat dhuha dan hari Asyura 4 raka'at sunat karena Allah Ta'ala."

Keutamaan dari sholat sunnah ini adalah dihapusnya dosa 50 tahun yang telah lampau, 50 tahun yang kemudian, serta dibangunnya seribu istana terbuat dari cahaya.

 

3. Silaturrahim

Salah satu amalan yang paling mudah dilakukan untuk mendapatkan keutamaan bulan Muharram adalah silaturrahim.

Dengan silaturrahim kepada keluarga dan handai taulan di hari Asyura, Anda akan panjang umur dan luas rezeki. Selain itu, menggembirakan keluarga di hari Asyura juga merupakan sumber keutamaan bulan Muharram. Fadhillah yang bisa didapat berupa Allah akan memperluas rezekinya selama setahun penuh.

Hal ini juga berlaku kepada alim ulama yang kita sambung tali silaturrahminya di hari Asyura. Mengunjungi alim ulama baik yang masih hidup atau sudah wafat memiliki keutamaan bulan Muharram berupa pahala ibadah 70 tahun.

Silaturrahim juga berlaku untuk menjenguk orang sakit yang keutamaannya adalah seakan-akan menengok seluruh keturunan Nabi Adam AS.

 

4. Memakai celak mata

Salah satu amalan sederhana sebagai keutamaan bulam Muharram adalah menggunakan celak mata. Amalan ini memiliki keutamaan berupa dijauhkan dari penyakit mata selama setahun.

6 dari 6 halaman

5. Keutamaan 10 Muharram Kepada Anak Yatim

Hanya dengan mengusap kepala anak yatim, kita bisa mendapatkan keutamaan bulan muharram yang melimpah, yakni setiap 1 helai rambut 1 derajat di surga.

 

6. Bersedekah

Ada keutamaan bulan Muharram yang bisa dipetik dengan melakukan sedekah. Berikut di antaranya.

  • Sama dengan pahala sedekah setahun.
  • Permohonannya dikabulkan.
  • Bila memberi makan, maka seakan-akan ia telah memberi makan seluruh umat Nabi Muhammad hingga kenyang.
  • Bila memberi minum, maka di hari kiamat tidak akan merasa haus selamanya dan seakan-akan ia tidak bermaksiat sekejap matapun.

 

7. Menjaga Kesucian

Salah satu keutamaan bulan Muharram bisa didapat sesederhana melakukan kegiatan sehari-hari, contohnya mandi. Mandi di saiang hari Asyura memiliki keutamaan berupa selama setahun tidak akan sakit, kecuali sakit menjelang kematian.

Selain mandi, ada kesucian atau fitrah yang bisa dijaga untuk mendapatkan keutamaan bulan Muharram. Berikut fitrah tersebut.

  • Mencukur bulu kemaluan.
  • Khitan.
  • Mencukur kumis.
  • Mencabut bulu ketiak.
  • Memotong kuku.

 

8. Membaca surat Al-Ikhlas

Dengan membaca surat pendek ini sebanyak 1.000 kali, keutamaan bulan Muharram yang bisa didapat adalah ketika sakaratul maut akan diperlihatkan tempat duduknya di surga atau diperlihatkan kenikmatan-kenikmatan surga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini