Waspada, Suka Makan Daging Bakar Tingkatkan Risiko Hipertensi

Oleh Nur Aida Tifani pada 22 Sep 2018, 14:03 WIB
Diperbarui 22 Sep 2018, 14:03 WIB
Daging Sapi Mentah
Perbesar
Ilustrasi Foto Daging Sapi (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang pasti suka daging, apalagi kalau dimakan secara dipanggang seperti sate atau barbekyu. Meski enak, ternyata ada bahaya yang mengintai di baliknya.

Kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi daging panggang ternyata dapat berdampak pada tekanan darah yang tinggi atau hipertensi. Meski tekanan darah tinggi kerap tak menunjukkan gejala, namun jika diabaikan dan kerap makan tanpa diatur dapat berujung pada gangguan jantung.

Selama beberapa tahun telah diketahui, daging panggang yang dimasak pada temperatur tinggi punya risiko potensial mengembangkan kanker, termasuk meningkatkan tekanan darah.

"Beberapa studi telah menyarankan bahwa asupan yang lebih tinggi pada daging merah, terutama daging olahan dapat diasosiasikan dengan tingkat risiko hipertensi dari pada daging ayam atau ikan," kata Dr. Gang Liu dari Harvard T.H Chan School of Public Health.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 2 halaman

Meningkatkan risiko hingga 17 persen

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Dilansir dari Elite Readers, penemuan tersebut telah disebutkan oleh banyak peneltiian yang melibatkan puluhan ribu wanita dan pria.

Selain dilihat dari hasil kesehatan responden. Salah satu penelitian, yakni dari American Heart Assosication juga mengobservasi perkembangan hipertensi pada partisipan yang mengonsumsi daging merah atau putih seperti unggas dan ikan.

Kebanyakan partisipan yang mengalami hipertensi merupakan orang-orang yang memasak daging dengan secara dipanggang lebih dari 15 kali dalam sebulan. Ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa pola konsumsi makan seperti itu dapat meningkatkan risiko hingga 17 persen.

"Kandungan bahan kimia yang dihasilkan dari daging yang dimasak secara dipanggang menyebabkan peningkatan oksidasi, inflamasi dan resistensi insulin saat diuji coba pada hewan," terang Dr.Liu.

Kondisi semacam itu juga terjadi pada manusia yang berdampak pada peningkatan risiko tekanan darah yang lebih tinggi. Hal itu dapat terjadi karena tingkatan sodium dalam daging merah terkandung lebih banyak. Untuk mengatasi hal itu, kamu perlu membatasi konsumsi daging, apalagi dengan cara dipanggang.

 

Lanjutkan Membaca ↓