Sukses

Nikahi Pria yang Umurnya 29 Tahun Lebih Tua, Remaja Rela Jadi Istri Kedua

Seorang remaja 15 tahun dinikahi pria 44 tahun untuk menjadi istri keduanya.

Liputan6.com, Jakarta Warga Malaysia kembali digemparkan dengan pernikahan gadis di bawah umur. Pernikahan gadis di bawah umur semacam ini sebelumnya telah terjadi di wilayah Kelantan dengan melibatkan remaja 11 tahun.

Kini pernikahan gadis di bawah umur terjadi di wilayah Gua Musang. Pasangan yang dilibatkan merupakan seorang gadis yang masih berusia 15 tahun dan seorang pria dari dua anak.

Pria 44 tahun tersebut telah menikah dengan sang gadis pada Juli lalu. Tanpa adanya pesta, mereka sah menjadi suami istri dengan hanya melakukan akad nikah.

Ternyata pernikahan ini dilakukan dengan persetujuan sang orangtua si gadis. Mereka mengizinkan pernikahan itu dengan dalih kemiskinan. "Tidak ada orangtua yang menginginkan anaknya hidup susah. Kami tak ingin putri kami mengalami kesulitan seperti yang telah kami lalui," ujar Che Rahim Che Deraman, sang ayah gadis, dikutip dari World of Buzz.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menikah karena dalih miskin

Hidup bersama 13 saudara tidaklah mudah, sehingga sang orangtua tidak memberikan pilihan lain, kecuali menikahkan putri mereka di usia yang muda. Sang orangtua yang hanya bekerja menjalankan toko, sepertinya tidak mampu secara sepenuhnya menafkahi dan menyekolahkan anak mereka.

"Saudarinya kebanyakan sudah menikah dan memiliki kehidupan sendiri. Kita tahu ia masih belum cukup umur, tapi kami hanya ingin ia mendapatkan yang terbaik," tutur Che Rahim.

Walaupun 29 tahun lebih tua darinya serta memiliki dua orang anak, status pernikahan poligami telah diizinkan oleh pemerintah setempat.

Sedangkan sang gadis yang hanya mengenal pria itu dalam beberapa bulan, menganggap pernikahannya bukan menjadi masalah besar.

"Sejujurnya, aku tidak memikirkan apa yang orang katakan tentangku. Hal yang terpenting ialah aku bahagia dengan suamiku dan berusaha untuk membuatnya bahagia sampai akhir hidupku," kata si gadis.

Kasus pernikahan semacam ini tampaknya masih menjadi kontroversial. Pasalnya, usia legal untuk menikah di Malaysia adalah 18 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.