Sukses

Deretan Makanan Khas Bali yang Enak dan Wajib Anda Coba!

Bali tak cuma dikenal dengan keindahan pantainya, jujugan wisata kelas atasnya, maupun budaya yang tak pernah luntur dari masyarakatnya. Bali juga terkenal seantero dunia karena makanannya.

Jakarta Bali tak cuma dikenal dengan keindahan pantainya, jujugan wisata kelas atasnya, maupun budaya yang tak pernah luntur dari masyarakatnya. Bali juga terkenal seantero dunia karena makanannya.

Masakan khas Bali memang terkenal di dunia lewat banyaknya wisatawan yang mengunjungi pulau Dewata tersebut. Namun tak bisa dipungkiri, makanan khas Bali memang tak terlupakan nikmatnya.

Jika kita biasa mengidentifikasi masakan Indonesia sebagai makanan dengan kombinasi rempah yang kuat, makanan khas Bali juga tak berbeda. Sama seperti kuliner khas Indonesia pula, makanan khas Bali merupakan hasil campuran rempah-rempah dengan sayuran segar, serta lengkap dengan asupan protein dari daging serta ikan.

Tradisi kuliner dan makanan khas Bali pun semakin kaya dengan banyaknya festival serta perayaan keagamaan umat Hindu yang memberi banyak sekali makanan untuk persembahan para Dewa serta makanan khas yang dikonsumsi masyarakat selama perayaan.

Selain soal rempah, makanan khas Bali pun juga tak pernah meninggalkan nasi sebagai makanan pokok. Keberadaan nasi di makanan khas Bali tak pernah absen dibarengi oleh adanya sayuran seperti lawar, yang membuatnya seimbang terlebih lagi dengan asupan protein lainnya dari daging ayam, daging babi, ataupun ikan laut. Di Bali, daging sapi jarang digunakan sebagai bahan baku makanan, mengingat Agama Hindu menghormati sapi sebagai binatang yang disucikan.

Sebagai daerah tujuan wisata yang populer pun, makanan khas Bali akan sangat mudah kita temui di pinggir jalan dengan harga yang murah meriah, di resto dengan tampilan yang mewah, atau bahkan diajarkan di kelas-kelas memasak.

Jika Anda ingin menikmati makanan khas Bali, atau akan liburan ke Bali dalam waktu dekat ini, berikut deretan makanan khas Bali yang bisa Anda coba. Seperti dirangkum Liputan6.com pada Selasa (18/9/2018), berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu mungkin adalah makanan khas Bali yang paling populer di Indonesia. Kita akan dengan mudah menemui warung atau resto yang menjual Ayam Betutu meski kita sedang berada di luar Bali.

Ayam Betutu sendiri merupakan sajian ayam yang dimasak utuh dengan berbagai rempah dengan cara dipanggang. Versi asli dari ayam Betutu, cara pemasakannya harus dengan api sekam. Pemasakannya pun memakan proses yang cukup pelan namun bumbu-bumbunya dipastikan meresap dengan sempurna.

Makanan khas Bali yang satu ini awalnya merupakan sajian pada upacara keagamaan yang justru terkenal sebagai makanan yang merepresentasikan pulau Bali di dunia internasional.

3 dari 6 halaman

2. Sate Lilit

Salah satu makanan khas Bali yang tidak boleh absen Anda coba ketika berkunjung ke Pulau Dewata adalah sate lilit.

Sate lilit sendiri tidak senada dengan sate yang ada di daerah-daerah lain di Indonesia. Sate lilit paling terkenal memiliki bahan baku ikan yang dicincang, lalu dicampur dengan kelapa parut, santan, air jeruk nipis, bawang merah, serta sensasi pedas dari cabe serta lada.

Makin dibuat berbeda, sate lilit tidak ditusukkan ke tusukan bambu, justru dililitkan ke batang serai yang gemuk. Penggunaan batang serai ini memberi aroma lebih pada sate lilit sehingga makanan khas Bali yang satu ini jadi makin nikmat aromanya.

Selain menggunakan bahan baku ikan, penggunaan daging ayam dan daging babi juga sering digunakan untuk sate lilit. Sate lilit ini biasanya merupakan salah satu item dalam nasi campur Bali atau disajikan juga bersama sambal matah khas Bali yang segar.

4 dari 6 halaman

3. Nasi Campur Bali

Nasi campur tak bisa dipungkiri adalah khazanah kuliner Indonesia. Tiap daerah memiliki variasi sendiri terhadap nasi campur. Namun di Bali, nasi campur memiliki ciri khas sendiri. Sebagai makanan khas Bali, nasi campur Bali mengedepankan berbagai item yang benar-benar khas Bali. Oleh karena itu, nasi campur Bali sangat mudah dikenali hanya dari tampilannya saja.

Dalam nasi campur Bali, deretan item yang harus ada adalah lawar atau urap yang terdiri dari sebagian besar adalah kacang panjang, tauge, serta kelapa parut, sate lilit, ayam suwir, teri kacang, serta wajib hukumnya adanya sambal matah.

Biasanya nasi campur Bali ini juga memiliki banyak varian. Paling populer adalah paduannya dengan babi guling lengkap dengan kulit babi renyah dan juga krupuk kulit. Versi halal dari kudapan ini juga sangat banyak dengan potongan ayam panggang, kulit ayam renyah dan tak lupa deretan item wajib di atas.

5 dari 6 halaman

4. Rujak Kuah Pindang

Salah satu makanan khas Bali lainnya adalah rujak kuah pindang. Berbeda dengan rujak di daerah lainnya, yakni kuahnya yang memiliki rasa super unik.

Rujak kuah pindang ini pada dasarnya sama dengan rujak lainnya yang memadukan banyak buah-buahan segar seperti pepaya, mentimun, blimbing dan sebagainya. Namun seperti yang kami sebut di atas, kuah dari rujak ini merupakan kuah kaldu yang merupakan paduan kaldu ikan serta terasi, dan tak lupa gerusan cabe.

Berani coba makanan khas Bali yang satu ini?

6 dari 6 halaman

5. Nasi Jinggo

Jika di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah kita mengenal nasi kucing yang merupakan sajian nasi campur dengan porsi hanya sekepalan tangan, makanan khas Bali ada yang menyerupainya. Nasi Jinggo namanya.

Serupa nasi kucing, terdapat nasi, ayam suwir, mi goreng, tempe goreng, serta sambal yang pedasnya bisa menghantam tenggorokan Anda. Tentu memakan ini Anda tak akan cukup menghabiskan sebungkus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini