Biasakan Konsumsi Susu Segar Tiap Hari, Ini Alasannya

Oleh Liputan6dotcom pada 15 Sep 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2018, 18:13 WIB
[Bintang] Ilustrasi Susu Kental Manis

Liputan6.com, Jakarta Susu sangat penting bagi tubuh manusia. Salah satu minuman sehat dan bergizi ini sungguh kaya akan nutrisi dan menjadi penyeimbang dalam tubuh. Susu yang paling baik merupakan susu yang dihasilkan oleh seekor sapi.

Namun, taukah Anda bahwa mengonsumsi susu dalam bentuk lain dapat mengakibatkan kolestrol jahat bagi tubuh?

2 of 3

Kolestrol yang teroksidasi

Picu Kolesterol Jahat, Ini Akibat Mengonsumsi Susu Bubuk dan Susu Kental Manis
Olahan susu murni seperti susu bubuk dan susu kental manis tidak baik bagi tubuh.

Kandungan dalam susu murni merupakan kandungan yang paling sehat dan baik bagi tubuh. Sepuluh macam vitamin dan mineral ada dalam fresh milk sehingga mampu membuat anak tumbuh besar, pintar, dan juga dapat menjaga kesehatan anak.

"Hindari susu kaleng juga susu bubuk karena keduanya sama saja seperti saat kita sedang memakan permen," papar Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, ilmuwan nutrisi saat ditemui di Jakarta, Jumat (14/09).

Matthew memaparkan bahwa kandungan susu dalam susu bubuk dan susu kaleng sangatlah sedikit.Keduanya hanya didominasi oleh kadar gula yang tinggi dan bahan-bahan kimia lainnya sehingga tekstur dari susu cair itu pun mampu berubah menjadi bubuk ataupun mengental.

Banyak orang mengetahui bahwa kolestrol merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan stroke.Kolestrol yang paling jahat menyerang tubuh adalah kolestrol yang teroksidasi dan itu terkandung dalam pengolahan susu bubuk karena terkena suhu udara yang panas.

Proses pasteurisasi akan membersihkan susu dari bakteri-bakteri yang ada dalam kandungan susu setelah usai di perah.Maka itulah, proses ini menjadi sangat penting agar susu tidak menimbulkan penyakit saat sedang dikonsumsi.

3 of 3

Mengonsumsi susu 3x sehari

Picu Kolesterol Jahat, Ini Akibat Mengonsumsi Susu Bubuk dan Susu Kental Manis
Olahan susu murni seperti susu bubuk dan susu kental manis tidak baik bagi tubuh.

Baik anak-anak maupun usia dewasa, semua membutuhkan asupan susu setiap harinya, hanya saja kadarnya yang berbeda-beda. Dianjurkan bagi anak-anak minum susu sebanyak dua gelas perhari dan usia dewasa sebanyak tiga gelas perharinya.

Utamakan dan selalu sediakan fresh milk dalam lemari pendingin dirumah karena kebiasaan tersebut sangatlah baik bagi tubuh.

"Sebagai konsumen, kita perlu jeli dalam memilih produk yang akan dikonsumsi keluarga, termasuk unutk pemilihan produk susu. Susu segar yang didapat dengan proses pasteurisasi adalah jenis susu yang paling baik yang dianjurkan unutk konsumsi sehari-hari karena proses pasteurisasi membuat susu segar aman dikonsumsi dengan mempertahankan kualitas tanpa mengurangi vitamin dan mineral yang membuat susu penting untuk pola makan yang seimbang dan sehat," jelas Matthew. 

Matthew juga menambahkan bahwa susu yang sudah di pasteurisasi hanya mampu bertahan di luar lemari pendingin selama 3-4 jam sehingga tidak bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana unutk waktu yang lama.

 

Penulis: Immanuela Harlita Josephine

Lanjutkan Membaca ↓