Sukses

Pertama Kali Mekar di Kanada, Bunga Bangkai Diserbu Pengunjung

Mekarnya bunga bangkai menarik perhatian penduduk kota Toronto, Kanada

Liputan6.com, Toronto - Kemunculan bunga Titan Arum atau lebih dikenal dengan Bunga Bangkai di Kebun Binatang Toronto menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat di kota Toronto, Kanada. Antrian pengunjung terlihat begitu memasuki area Greenhouse di dalam kebun binatang, lokasi di mana Titan Arum berada.  Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut mengantri untuk menyaksikan dari dekat bunga yang memiliki nama ilmiah Amorphophallus titanum.

Bahkan, Konjen RI Toronto, Leonard F. Hutabarat Ph.D. turut melihat langsung mekarnya Bunga Bangkai pertama di kota Toronto tersebut. Kurator Divisi Holtikultura Kebun Binatang Toronto, Paul Gellatly mengungkapkan bahwa munculnya Titan Arum sebenarnya di luar prediksi.

"Kemunculan Titan Arum mengagetkan berbagai pihak. Umumnya Titan Arum muncul pada kisaran tahun ke-10. Bunga yang mekar saat ini berasal dari tanaman yang baru berusia 5 tahun. (Kemunculannya) Empat tahun lebih awal dari prediksi kami", ungkap Paul Gellatly.

Mekarnya bunga Titan Arum mendapatkan  mendapatkan perhatian yang tinggi dari masyarakat Toronto.

“Lebih dari 400 pengunjung hadir di hari pertama mekarnya Titan Arum. Banyak yang penasaran dengan karateristik bunga yang mengeluarkan bau tak sedap ini”, jelas Chief Executive Officer Kebun Binatang Toronto, Dolf Dejong.

Lebih lanjut, dijelaskan pula bahwa saat ini pihaknya memiliki lebih dari 15 tanaman sejenis yang didapat dari Niagara Botanical Garden, Ontario pada tahun 2013. 

"Usia tanaman Titan Arum yang kami miliki saat ini bervariasi mulai dari 1 hingga 5 tahun. Semuanya berasal dari wilayah Sumatera", tambah Dolf Dejong.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Konsul Jenderal RI Toronto menyatakan bahwa kemunculan Titan Arum menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Selain itu, Titan Arum dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Toronto.

"Hal ini tentunya menjadi kebanggaan bagi Indonesia. Untuk pertama kalinya, flora endemik Sumatera mekar di kota Toronto. Kemunculan Titan Arum juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat Toronto", jelas Konjen Leonard.

Untuk lebih mengenalkan flora Indonesia, Konjen Leonard dan Dolf Dejong sepakat untuk menjajaki kerja sama pertukaran flora lainnya, termasuk kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

“Ini (Titan Arum) merupakan hasil nyata bentuk kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Kanada. Selain flora, Toronto Zoo juga memiliki fauna asli Indonesia seperti Orang Utan, Komodo, Harimau Sumatera dan Badak Bercula Satu”, tutup Dolf Dejong.

Bunga Titan Arum di kebun binatang Toronto mulai mekar pada tanggal 13 September 2018, pukul 21.30 waktu setempat. Untuk mengakomodir antusiasme para pengunjung, pihak kebun binatang buka hingga pukul 21.30 malam.

Titan Arum adalah tumbuhan endemik Sumatera dan merupakan bunga majemuk terbesar dan tertinggi di dunia. Pertama kali ditemukan oleh Odoardo Beccari, botanis asal Florence, Italia, pada tahun 1878 di wilayah Sumatera Barat. Titan Arum tumbuh dari utara hingga selatan Sumatera. Seperti pada umumnya, bunga Titan Arum memiliki usia yang sangat singkat yaitu selama 8-36 jam sejak pertama kali mekar.

 

 

PF. Pensosbud KJRI Toronto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.