Sukses

6 Alternatif Minuman Sehat Pengganti Kenikmatan Kopi

Tarnyata masih banyak minuman yang dapat melepaskan kita dari rasa kantuk selain mengonsumsi kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi memang menjadi salah satu minuman yang disukai masyarakat di dunia. Selain nikmat, kopi juga bisa memberikan energi baru dan menjauhkanmu dari rasa kantuk.

Selain itu, kopi juga membantumu terhindar dari neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson dan mengurangi risiko sirosis hati, asam urat, kolorektal dan kanker hati.

Namun, mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius bahkan memicu ketidaksuburan pada wanita, serangan jantung, gangguan pencernaan, sakit kepala, dan masih banyak lagi.

Asupan kafein harian tidak boleh melebihi 400 mg atau setara dengan empat cangkir per hari. Jika mengonsumsi kafein secara berlebihan, dapat menyebabkan seseorang mengalami overdosis kafein yang dapat menyebabkan kematian.

Beberapa gejala overdosis kafein adalah kecemasan, peningkatan detak jantung, mual, berkeringat, insomnia, pusing, gelisah dan gugup.

Melansir dari Blodsky, berikut beberapa minuman yang dapat menggantikan kopi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1.Kopi Akar Dandelion

Jika kamu menyukai rasa kopi dan mencari pilihan sehat yang mengandung lebih sedikit kandungan kafein, ini adalah minuman terbaik yang dapat kamu coba.

Minuman ini mengandung nutrisi seperti vitamin A, B, C, dan D, zat besi, kalsium, dan magnesium yang membuatnya menjadi minuman yang lebih bergizi daripada kopi. Kalsium dan magnesium hadir dalam kopi akar dandelion yang diperlukan dalam produksi energi.

3 dari 7 halaman

2. Teh Hijau

Teh hijau adalah bentuk terkonsentrasi yang memberimu antioksidan, klorofil dan serat. Ini membantu dalam mencegah penyakit jantung dan baik untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2.T eh ini juga mampu membantumu memerangi kanker.

Dalam kandungan teh hijau terdapat kafein yang dapat meningkatkan energimu untuk membuat rasa kantuk pergi. Minuman ini bisa menjadi salah satu alternatif baik jika kamu mencari pengganti kopi.

4 dari 7 halaman

3. Masala Chai

Teh susu khas India yang populer ini sudah tak asing lagi kita dengar dengan sebutan milk tea yang mengandung cukup jumlah kafein untuk memenuhi kebutuhan energimu.

Selain itu, minuman ini juga mengandung berbagai rempah India seperti kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, jahe sehingga memberikan kita antioksidan dan meningkatkan kekebalan dalam tubuh.

5 dari 7 halaman

4. Teh Kunyit

Minuman ini dikonsumsi banyak orang karena kaya akan manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Minuman berwarna keemasan ini memiliki rasa yang kuat.

Teh kunyit mengandung bahan aktif di dalamnya yang disebut dengan kurkumin dan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Hal ini membantumu dalam meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan gejala radang sendi, mencegah kanker dan Alzheimer.

Orang yang mengalami kerusakan hati dan mengidap batu empedu dianjurkan untuk memasukan minuman ini kedalam makanan mereka.

6 dari 7 halaman

5. Cokelat Hangat

Kandungan serta kehangatan yang terdapat dalam minuman ini mampu meningkatkan energi dan sangat bagus untuk memulai harimu.

Cokelat hangat mengandung neurotransmitter yang disebut anandamide, membantu dalam menjaga kesehatan mental kamu dan memicu rasa bahagia dalam diri.

Cokelat merupakan produk olahan yang dihasilkan dari biji tumbuhan, yakni kakao. Kakao juga merupakan sumber magnesium yang membuatmu tetap aktif.

7 dari 7 halaman

6. Maca Hangat

Minuman ini mengandung nutrisi seperti protein dan dianggap layaknya seperti makanan.

Maca seringkali digunakan dalam membuat latte dan smoothie. Kandungan dalam maca dapat memberikan energi dan juga membantu Anda dalam mengelola hormon.

Ini merupakan alternatif yang sehat untuk beralih dari minuman kopi.

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini