Sukses

Kalian Justru Dianjurkan untuk Mandi Saat Demam, Ini Penjelasannya

Siapa bilang saat demam tak boleh mandi?

Liputan6.com, Jakarta Ketika sedang demam tentu banyak dari kalian yang menghindari untuk mandi bukan? Hal ini lantaran kalian takut jika tubuh akan semakin menggigil dan demam semakin parah. Tak heran jika banyak dari kalian yang tak mandi saat demam hingga benar-benar pulih.

Nyatanya hal tersebut dianggap keliru loh, kalian justru dianjurkan untuk mandi ketika mengalami demam. Bagi sebagian besar orang hal ini tentu membuat bingung ya.

Konsultan senior pengobatan dalam di Indraprastha Apollo Hospitals New Delhi, India, Suranjit Chatterjee, menjelaskan bahwa mandi merupakan cara efektif mengurangi demam. Menurutnya, berselimut tebal saat demam merupakan kebiasaan yang salah. Hal itu justru membuat panas tidak dapat keluar dari tubuh.

"Selimut akan memerangkap panas dalam tubuh sehingga suhu badan tidak bisa turun dengan cepat," ujar Siranjit, dikutip dari Times of India.

Menurutnya, ketika mandi air akan membantu melepaskan panas dari dalam tubuh. Sehingga suhu tubuh yang tinggi bisa menurun dengan cepat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara mandi saat demam

Hanya saja satu hal yang perlu kalian ingat, segeralah mengeringkan rambut usai mandi. Membiarkan rambut basah justru membuat kondisi semakin buruk. Selain itu, ini hanya salah satu cara untuk menurunkan panas tubuh. Kalian tetap harus meminum obat agar bisa sepenuhnya sembuh dari demam yang diderita.

Meski begitu nyatanya tidak semua orang terserang demam diperbolehkan mandi. Bagi kalian yang demam usai menjalani operasi dilarang untuk mandi agar bekas jahitan cepat mengering.

Menurut Suranjit ada dua macam cara mandi yang bisa digunakan untuk mengurangi efek demam. Pertama, mandi dengan spons. Air pada suhu kamar dapat digunakan untuk memandikan mereka dengan spons selama sakit demam.

Kedua, mandi dengan shower dan berendam. Bagi orang dewasa yang demam, mandi dengan cara ini bisa menurunkan suhu badan tentunya dengan suhu air yang tak terlalu dingin ya.

Reporter : Cynthia Amanda Male

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.