Sukses

9 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Sakit Punggung

Gaya hidup manusia zaman modern tanpa disadari sangat memengaruhi kesehatan tulang mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup manusia zaman modern tanpa disadari sangat memengaruhi kesehatan tulang mereka. Mulai dari banyak duduk dan jarang bergerak, sampai dengan kebiasaan menunduk saat melihat gawai.

Melansir dari Brightside, berikut kebiasaan buruk yang mengarah ke sakit punggung kronis dan berbahaya bagi tulang Anda.

1. Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang berbahaya. Namun, selain dari bahaya-bahaya lain terhadap kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan sakit punggung karena nikotin mengganggu aliran darah normal di sekitar sumsum tulang belakang.

2. Gangguan ritme sirkadian (pola tidur)

Peneliti menemukan bahwa kondisi sel dalam tulang belakang secara langsung bergantung pada seberapa stabil siklus siang dan malam Anda. Saat ritme sirkadian terganggu (karena usia, insomnia kronis, dan shift malam), sel-sel ini mulai berfungsi buruk yang mengarah ke peradangan kronis dan membuat kita lebih rentan terhadap perkembangan rasa sakit di punggung bawah.

3. Bekerja sambil berdiri

Kita semua pernah mendengar bahwa terlalu banyak duduk itu berbahaya. Tapi ternyata berdiri sepanjang hari bisa sama berbahayanya bagi kesehatan Anda.

Cara Anda berdiri dapat berdampak besar pada kondisi leher, tulang belakang, dan bahu Anda. Postur yang salah dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan ketika berrhubungan sengan sumsum tulang belakang, menyebabkan nyeri kronis dan kelengkungan yang serius.

Untuk menghindari postur yang buruk, kita perlu berdiri, duduk, dan berbaring dengan cara yang memiliki sedikit tekanan pada otot dan ligamen kita, yang 'menggenggam' sumsum tulang belakang. Terutama saat bergerak dan berolahraga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Mengenakan sepatu yang salah

Sakit punggung dapat disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tak nyaman. Kurangi ketegangan pada kaki dengan memiliki sepatu yang berkualitas.

5. Kurang istirahat

Sangat penting untuk beristirahat setiap kali Anda merasakan sedikit ketidaknyamanan di punggung. Jika punya sedikit waktu, istirahatkan tubuh Anda. Berbaringlah dan angkat kaki.

6. Melakukan pekerjaan yang tak disukai

Para ilmuwan di Australia telah membuktikan bahwa sakit punggung tersebar luas di antara orang-orang yang merasa tak puas dengan pekerjaan mereka. Seringkali, rasa sakit yang Anda alami murni psikologis.

7. Terlalu banyak bekerja yang membebankan mental

Terkadang, otak Anda bekerja terlalu keras dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan sakit punggung. Cobalah memikirkan sesuatu selain bekerja dan masalah Anda. Beri diri Anda waktu beristirahat dengan berolahraga atau menonton.

 

3 dari 3 halaman

8. Bermain ponsel

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa membaca pesan teks sederhana saja dapat menambah beban tekanan pada sumsum tulang belakang hingga 20 kg. Menggunakan ponsel setiap hari dapat menyebabkan hilangnya kurva alami tulang belakang dan leher.

Para ilmuwan menghitung bahwa orang menggunakan ponsel rata-rata 2-4 jam sehari yang berarti leher kita dibengkokkan selama 700-1.400 jam stahun. Postur yang salah, terutama pada remaja, dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang yang serius dan kronis. Mulailah membatasi penggunaan gawai demi tulang yang sehat dan kuat.

9. Jarang berolahraga

Jangan menghindari olahraga, terutama olahraga yang butuh fleksibilitas tulang belakang seperti yoga. Sangat penting untuk terus bergerak. Otot-otot rileks ketika mereka bergerak dan meregang perlahan. Tingkatkan jumlah latihan dan kompleksitasnya secara perlahan dan teruslah bergerak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.