Pernah Viral, 6 Polwan Cantik di Hari Bhayangkara ke-70

Oleh Yulia Lisnawati pada 03 Sep 2018, 15:00 WIB
Diperbarui 03 Sep 2018, 15:00 WIB
Polwan Cantik di Sragen
Perbesar
Polwan Cantik di Sragen. (Liputan6.com/Joglosemar/Wardoyo)

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Esthi Bhakti Warapsari atau lebih dikenal sebagai Hari Polisi Wanita (Polwan) Indonesia jatuh pada Sabtu (1/9/2018). Menginjak usia ke-70, Hut Polwan mengambil tema “Polwan Promoter Siap Menyukseskan Agenda Kamtibmas 2018-2019.”

Dalam usianya yang kian matang ini, Polisi telah berhasil mengubah image masyarakat yang sebelumnya mempersepsikan polisi sebagai sosok yang galak dan menakutkan menjadi pribadi yang menyenangkan dan ramah. 

Banyak orang yang berfikir bekerja di lingkungan kepolisian memerlukan mental yang kuat dan hanya bisa dilakukan oleh pria. Kaum hawa yang dijuluki polwan pun tak mau kalah dengan bekerja di kesatuan kepolisian.

Pekerjaan yang kerap dilakukan di lapangan tersebut membuat para polwan tak kehilangan jati dirinya sebagai perempuan dengan menampilkan kecantikannya. Tak hanya cantik, segelintir polwan juga memiliki prestasi di bidang lain seperti olahraga lo.

Berikut enam sosok polwan cantik Tanah Air yang pernah viral berkat kecantikan dan prestasinya.

1. Bripda Muthia

Bripda Muthia
Perbesar
4. Pelaku Adalah Mantan Atasannya

Nama Bripda Muthia memang pernah menjadi sorotan publik di Tanah Air, karena menjadi korban penganiayaan. Selain itu, sosoknya juga menjadi perbincangan warganet karena paras cantiknya. Bahkan foto-foto yang bertebaran di internet membuat Bripda Muthia dijuluki sebagai Polwan cantik.

Tak hanya cantik, Bripda Muthia dikenal sebagai Polisi yang baik hati. Menurut penuturan Kapolres Bogor, AKBP Andi Herindra Rahmawan, polwan cantik ini merupakan pindahan dari Polda Jabar. 

"Selama bertugas di Bogor, dia dikenal sebagai anggota yang baik," ujarnya.

2 dari 6 halaman

2. Bripda Nina Oktoviana

Bripda Nina Oktoviana Cantik dan Ahli Penjinak Bom
Perbesar
Bripda Nina adalah satu-satunya wanita yang menjadi anggota pasukan anti teror di Brimob Polda Aceh.

Bripda Nina Oktoviana menjadi salah satu polwan yang pernah viral di jejaring sosial. Di tahun 2014, bripda Nina adalah satu-satunya wanita yang menjadi anggota pasukan anti teror di Datasemen Polisi Anti Teror (Gegana) Brimob Polisi Daerah (Polda) Aceh. 

Selain itu,  kecantikan yang dimilikinya membuat Bripda Nina mampu mencuri perhatian publik, khususnya para pria. Namun, bukan hanya kecantikannya yang membuat warganet terpesona dengan wanita kelahiran 24 Oktober 1993 tersebut, tapi karena penampilan berhijabnya yang tak membatasi niatnya dalam menjalankan tugas sebagai pasukan Wanteror Gegana sehingga ia banyak dielu-elukan publik.

Wanita asal Aceh itu mulai bergabung dengan Polisi Wanita (Polwan) di Polda Aceh pada Januari 2014, ditempatkan di Polda Aceh. Tapi, pada Juni 2014 Bripda Nina dipindah tugaskan di Brimob Aceh.

 

3 dari 6 halaman

3. Brigadir Eka Frestya

[Bintang] Para Kartini Masa Kini
Perbesar
Briptu Eka Frestya (Via: ricoademandana.com)

Siapa yang tak mengenal Brigadir Eka Frestya. Sosoknya memang menjadi perbincangan banyak kaum pria karena kemolekan serta paras wajahnya yang cantik. Tak hanya cantik, ia juga mahir menjadi presenter National Traffic Management Centre (NTMC) Polda Metro Jaya yang ditayangkan di salah satu televisi swasta.

Namanya juga sempat membuat publik di jejaring sosial patah hati. Brigadir Eka menikah dengan Kompol R Bagoes Wibisono pada 3 April 2014 di Balai Sarbini, Jakarta Selatan. Kala itu berita pernikahan Brigadir Eka menjadi sorotan masyarakat, bahkan di linimasa namanya ramai diperbincangkan karena warganet yang menggilainya merasa "Patah hati nasional."

 

4 dari 6 halaman

4. Briptu Nova

Briptu nova menangis menyaksikan ijab kabul pernikahannya (Istimewa)
Perbesar
Briptu nova menangis menyaksikan ijab kabul pernikahannya (Istimewa)

Briptu Nova, polwan yang rela tak menghadiri acara pernikahannya demi ujian negara yang akan dijalaninya. Kisah harunya ini kemudian menjadi sorotan warganet.

Polwan berhijab itu sedianya melangsungkan akad nikah dengan Briptu Andik Rianto di Pontianak, Kalimantan Barat. Nova tak bisa hadir karena harus mengikuti seleksi untuk menjadi Polisi PBB atau United Nations Police di Puslat Multi Fungsi Polri Cikeas.

Seharusnya jika sesuai jadwal, ujian Nova selesai pada Jumat (27/4/2018). Namun karena ada perubahan, sang polwan harus tetap di lokasi ujian tepat pada saat akad nikahnya harus berlangsung.

Nova pun tak bisa meninggalkan lokasi tes karena dia telah menjalani pelatihan persiapan ujian sejak September 2017. Untungnya keputusan itu diterima bahkan didukung oleh sang calon suami.

Akad nikah Nova dan Andik pun dilakukan pukul 10.00 WIB, Sabtu (28/4/2018). Meski hanya bisa menyaksikan lewat video call, Nova tak bisa menyembunyikan kebahagiaan saat saksi ijab kabul mengucapkan kata sah. Rekan-rekan Nova yang ikut menyaksikan pun juga ikutan bahagia.

Beruntung, Briptu Nova bisa menghadiri resepsi pernikahan yang digelar pada Minggu (29/4) di Pontianak. Meski begitu, sehari setelah resepsi pernikahannya tersebut, dirinya harus kembali ke Jakarta untuk menyelesaikan ujian lainnya.

5 dari 6 halaman

5. Brigadir Polisi Dua Annisa CM

HUT Polwan, Sosok 5 Polwan Cantik dengan Segudang Prestasi
Perbesar
Bripda Annisa

Usia muda dengan paras cantik membuat Bripda Annisa banyak diidolakan para pria. Ia menjadi salah satu polwan berprestasi asal Bandung yang juga menjadi atlet Sea Games 2015 cabang olahraga Taekwondo yang diselenggarakan di Singapura.

Tak hanya sukses meraih perunggu di Sea Games 2015, Bripda Annisa juga mendapatkan emas pada Kejurnas 2014 di Bandung.

6 dari 6 halaman

6. Brigadir Polisi Dua Dwi Tiara Rusci

HUT Polwan, Sosok 5 Polwan Cantik dengan Segudang Prestasi
Perbesar
Bripda Dwi

Bripda Dwi memang menjadi salah satu polwan cantik yang mengenakan jilbab. Namun, bukan hanya kecantikannya yang membuat masyarakat terpesona dengannya, tapi karena prestasi dan penampilan berjilbabnya yang tak membatasi niatnya dalam menjalankan tugas di institusi kepolisian.

Sosok Bripda Dwi dari Ditlantas Polda Sulawesi Tenggara itu mulai menjadi sorotan banyak pasang mata setelah keterlibatannya dalam kontes Hijab Hunt 2016. Tak hanya itu, sejak kecil ia juga sudah menggeluti bidang kesenian seperti dunia tarik suara dan bidang olahraga bela diri.

Lanjutkan Membaca ↓