Sukses

5 Negara Maju Ini Ternyata Minim Sumber Daya Alam

Sejumlah negara ini justru terbilang maju dan kaya, walaupun minim hasil kekayaan alam.

Liputan6.com, Jakarta - Mengolah hasil kekayaan alam yang dimiliki negara dapat memberikan keuntungan besar bagi pemerintah. Tidak hanya dibutuhkan rakyat, hasil dari kekayaaan alam juga bisa diekspor untuk mendorong pemasukan keuangan negara.

Meski begitu, sejumlah negara ini malah memiliki sedikit sumber daya alam. Biasanya mereka justru lebih banyak mengimpor hasil sumber daya alam dari negara lain.

Walaupun minim kekayaan alam, negara ini malah justru lebih maju dari negara lain. Dirangkum Merdeka, berikut lima negara maju yang kaya, tanpa mengandalkan sumber daya alam.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Singapura

Tanpa mengandalkan sumber daya alam, Singapura yang merupakan negara kecil terbilang maju. Singapura tak punya sumber daya alam yang melimpah.

Bahkan, Singapura pernah mengimpor air dari Malaysia, untuk memenuhi kebutuhan penduduk di sana. Meski begitu, Singapura menjadi negara maju dengan perekonomian yang makmur melalui pariwisatanya.

3 dari 6 halaman

2. Korea Selatan

Korea Selatan memiliki kandungan alam berupa mineral, tapi terbatas. Jadi, Korea Selatan atau Korsel mengimpor bahan-bahan untuk menopang industri dalam negeri dan kebutuhan penduduknya.

Negeri ginseng ini dikenal sebagai negara pengekspor peralatan komunikasi nirkabel, komputer, baja, kapal, semikonduktor, otomotif, petrokimia, sampai barang-barang elektronik canggih. Saat ini, Korea Selatan telah menjadi salah satu negara yang terus berkembang dengan perekonomian yang besar.

4 dari 6 halaman

3. Italia

Italia mengimpor bahan bakar padat, minyak dan gas alam. SDA Italia memang terbatas dan harus mengandalkan impor. Tapi Italia termasuk negara maju, dengan tingkat perekonomian yang besar, bahkan terkemuka di dunia.

Negara ini mengekspor produk-produk teknik, tekstil, pakaian, mesin, otomotif, peralatan transportasi, bahan kimia, logam halus, sampai barang-barang mewah. Italia juga termasuk salah satu negara yang memiliki kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

5 dari 6 halaman

4. Jepang

Jepang masih dikelilingi gunung berapi aktif dan rentan terkena bencana. Tapi SDA Jepang sangat terbatas dan harus mengimpor dari luar negeri. Meski begitu, Jepang mampu membuktikan diri sebagai negara maju dan sangat hebat dalam teknologi.

Jepang mengekspor banyak hasil usaha mereka ke berbagai negara, mulai dari komputer, mobil, tembaga, besi, semikonduktor, dan masih banyak lagi. Produk-produk elektronik mereka juga masuk ke miliaran rumah penduduk di berbagai belahan dunia.

6 dari 6 halaman

5. Swiss

Swiss sama sekali tak memiliki sumber daya alam yang bisa diandalkan, sehingga bergantung pada hasil impor. Untuk mendongkrak perekonomian negara, Swiss memusatkan perhatian pada industri pertanian. Negara ini memiliki keunggulan dalam hal proses pengolahan makanan, memproduksi kebutuhan (makanan) multinasional.

Tak hanya itu saja, Swiss juga hebat dalam memproduksi jam tangan mewah. Di antara merek terkenal produksi mereka adalah Rolex dan Swatch. Sementara ekspor utama Swiss adalah bahan kimia, mesin, jam tangan, produk pertanian, dan bahan makanan.

Reporter:

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.