Sukses

Benar-Benar Langka, 6 Hal Ini Baru Terjadi Sekali dalam Seumur Hidup

Ada fenomena langka yang benar-benar hanya bisa terjadi atau dilihat sekali dalam seumur hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa fenomena langka pernah terjadi di dunia. Yang menarik, ada fenomena langka yang benar-benar hanya bisa terjadi atau dilihat sekali dalam seumur hidup. Belum tentu fenomena tersebut bisa terulang kembali kedua kalinya. Apa saja? Ini dia seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Komet West

Komet West merupakan komet yang sangat istimewa. Tidak seperti komet Halley yang mengorbit matahari 76 tahun sekali, komet West bahkan diklaim hanya mengorbit matahari stiap 250 ribu tahun sekali.

Selama sejarah, hanya satu kali komet ini terlihat dan sekaligus pertama kalinya, yaitu pada Maret 1976. Komet ini kemudian dinamakan seperti astronom yang mengamatinya, yakni Richard West.

2. Badai Carrington

Ini merupakan badai matahari terbesar dalam sejarah. Terjadi pada tanggal 1 September 1859, semburan matahari ini bahkan membuat kabel telegraf di seluruh dunia terbakar. Badai yang diberi nama sesuai pengamatnya, Richard Carrington ini belum pernah terjadi lagi dan jadi yang terdahsyat dalam 500 tahun terakhir.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Air Terjun Niagara Dikeringkan

Air terjun yang berada di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat ini ternyata pernah dikeringkan. Pada tahun 1969 untuk kepentingan studi geologi, Air Terjun Ameerika dan Bridal Veil Falls yang menjadi dua dari tiga air terjun yang membentuk Air Terjun Niagara dikeringkan selama beberapa bulan.

4. Timothy Ray Brown Sembuh dari HIV

Ia menjadi satu-satunya orang yang tercatat benar-benar sembuh dari Human Immunodeficiency Virus (HIV) pada 2007 lalu. Brown menerima transplantasi sumsum tulang dari donor dengan mutasi genetik yang membuat sel kekebalan tubuh resisten terhadap infeksi HIV.

 

3 dari 3 halaman

5. Melihat kehidupan di The New Hebrides Trench

The New Hebrides Trench merupakan salah satu titik terdalam di lautan. Dengan panjang 7.200 meter dan terletak sekitar 1.600 kilometer utara Selandia Baru, para peneliti pernah melihat kehidupan yang tumbuh subur di tempat terdalam Bumi ini pada akhir tahun 2013.

6. Banjir Bir di London

Pada 17 Oktober 1814, seluruh tangkai fermentasi bir di paroki St. Giles, London dengan tinggi 6,7 meter, pecah. Insiden itu membuat sebanyak lebih dari 1,2 juta liter bir lepas ke jalan. Ini menjadi satu-satunya banjir bir yang pernah terjadi dalam sejarah.

Reporter: Ros Diana

Sumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.