Sukses

Ronggeng Kulawu, Kisah Perjuangan Penari Ronggeng di Zaman Penjajahan Jepang

Galeri Indonesia Kaya bersama Maudy Koesnaedi dan Andi Kanemoto mempersembahkan lakon bertajuk Ronggeng Kulawu

Liputan6.com, Jakarta - Masih dalam semangat merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke - 73, Galeri Indonesia Kaya bersama Maudy Koesnaedi dan Andi Kanemoto mempersembahkan lakon bertajuk Ronggeng Kulawu. Naskah yang ditulis oleh Endah Dinda Jenura dan disutradarai oleh Wawan Sofwan ini mengangkat kisah perjuangan seorang penari ronggeng yang mengorbankan mimpi dan harapannya di masa penjajahan Jepang.

“Sosok Maesaroh dalam lakon Ronggeng Kulawu ini, merupakan salah satu gambaran kehidupan perempuan Indonesia di masa penjajahan Jepang. Pada masa itu, banyak perempuan yang dibawa dan dipaksa menjadi seorang wanita penghibur dan diperlakukan secara tidak adil. Tidak hanya oleh tentara Jepang, para perempuan ini pun juga dipandang sebelah mata oleh orang-orang sebangsanya sendiri. Mereka hanya dianggap sebagai seorang perempuan yang mengkhianati bangsanya karena hidup bersama para penjajah,” ujar Wawan Sofwan selaku sutradara pementasan Ronggeng Kulawu di Auditorium Galeri Indonesia Kaya hari ini.

Ronggeng Kulawu mengisahkan tentang seorang penari ronggeng dari Dusun Kulawu bernama Maesaroh. Tugas utama seorang ronggeng adalah membuat suasana semarak dan ceria, dan itu merupakan hal yang mudah bagi Maesaroh. Di dekatnya, orang-orang merasa hangat dan gembira. Hingga suatu ketika tentara Jepang datang, memberikan janji-janji kemerdekaan dan harapan yang baru kepada Indonesia yang sebelumnya dijajah oleh Belanda.

Minggu demi minggu, bulan demi bulan setelah kedatangan Jepang, kehidupan rupanya tak bertambah mudah. Kemerdekaan tak kunjung datang, Jepang justru semakin merebut apa saja yang dimiliki oleh Indonesia. Kedatangan Jepang justru semakin menambah petaka bagi bangsa ini, termasuk Maesaroh dan juga rombongan ronggeng lainnya.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

“Maesaroh merupakan satu dari ratusan perempuan yang menjadi korban kekejaman para penjajah di masa penjajahan Jepang di Indonesia. Banyak hal dan mimpi yang harus ia tinggalkan pada masa itu. Meskipun diperlakukan secara tidak adil, Maesaroh tumbuh menjadi seorang perempuan yang tangguh dan ingin merdeka. Perjuangan Maesaroh tidak hanya untuk melawan para penjajah Jepang, tapi juga untuk bangsanya dan juga untuk dirinya sendiri. Saya harap para penikmat seni dapat memahami pesan yang ingin kami sampaikan dalam lakon Ronggeng Kulawu ini,” ujar Maudy Koesnaedi.

Maesaroh atau Mae harus rela dipisahkan dengan Ayahnya dan Kang Uja, lelaki yang berjanji untuk menikahinya setelah Indonesia merdeka. Mae dan rombongan ronggengnya dibawa secara paksa dan dijadikan wanita penghibur bagi para tentara Jepang.

Mae kemudian dibawa pergi dan akhirnya bertemu dengan Kapten Kazuo Ito. Mae dijadikan gundik oleh Kapten Kazuo, bersamanya Mae diperlakukan secara baik, bahkan lembut.

Hidup Mae bersama Kapten Kazuo, jauh lebih baik. Begitupun dengan Kapten Kazuo, Mae mengingatkan dia akan sosok Ibunya yang berada di Jepang. Kisah cinta mereka dipenuhi oleh latar politik dan kekuasaan antara negeri yang terjajah dan penjajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.