Banyak yang Salah Sangka, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Mandi

Oleh Liputan6.com pada 26 Agu 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 26 Agu 2018, 08:00 WIB
Spon Mandi
Perbesar
Ilustrasi Mandi (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya untuk kebersihan tubuh, mandi merupakan kebutuhan yang bisa menjaga tubuh dari serangan penyakit. Ya, hal itulah yang membuat kita harus mandi setiap hari. Biasanya semua orang baik tua maupun muda bahkan hingga anak-anak mandi dua kali dalam sehari. Umumnya mandi dilakukan pada pagi dan sore/malam hari.

Lalu apa selama ini kalian pernah bertanya sebenarnya kapan waktu terbaik untuk mandi? Tak disangka, nyata mandi pada malam hari bisa memberikan manfaat lebih baik dibandingkan mandi di pagi hari.

Elizabeth Culnan, PhD, Postdoctoral Behavioral Sleep Medicine di Rush University Medical Center mengatakan bahwa mandi pada malam hari bisa membuat tidur lebih nyenyak.

"Mandi di malam hari mampu membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu tidur lebih cepat" ungkapnya kepada Real Simpel.com.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 dari 2 halaman

Mandi Sebelum Tidur

Ilustrasi bathtub bak mandi
Perbesar
Ilustrasi (iStock)

Mandi 1,5 jam hingga 2 jam sebelum tidur dikatakan mampu membuat tubuh hangat sekaligus segar. Hal ini akan memberikan efek relaksasi dan membuat kalian lebih cepat mengantuk dan tertidur. Ketika kalian mandi air dingin saat cuaca panas, hal ini mampu meningkatkan kualitas tidur. Begitu pula ketika cuaca dingin, mandi air hangat juga memberi efek yang sama.

Yang paling mengejutkan, nyatanya mandi di pagi hari justru belum banyak penelitian yang menunjukkan manfaatnya. Namun mandi di pagi hari bisa membuat tubuh lebih segar. Dengan begitu kalian akan lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Sedangkan yang terpenting tentunya menjaga kebersihan tubuh serta menghindari bau badan.

Reporter: Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

Lanjutkan Membaca ↓