Sukses

Viral, Video Semut Menguburkan Lebah Mati dengan Kelopak Bunga

Sebuah rekaman menunjukkan sekelompok semut yang mengangkut kelopak bunga, lalu meletakkannya di atas lebah yang telah mati.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin ini biasanya hanya ada di dalam dongeng tentang binatang. Tapi siapa sangka, di dunia nyata kisah seperti ini bisa terjadi. Sebuah rekaman menunjukkan sekelompok semut yang mengangkut kelopak bunga, lalu meletakkannya di atas lebah yang telah mati. Seolah-olah tengah menguburkan kumbang malang itu.

Video tersebut diunggah oleh Nicole Webinger dari Minnesota, Amerika Serikat. Dalam video tersebut, ia turut menjelaskan bagaimana momen itu ia ambil.

"Aku sedang bekerja di kebun. Ada lebah mati, lalu aku melihat semut membawa kelopak bunga dan meletakkannya di sekitar kumbang itu. Seolah-olah sedang mengadakan pemakaman," tulisnya.

Video tersebut memang tidak biasa. Dan hal tersebut diakui oleh ekolog perilaku, Mark Elgar dari Universitas Melbourne pada Science Alert.

"Aku mungkin akan menggunakannya untuk mengajar biologi tahun pertama tahun depan untuk mengilustrasikan kekuatan sugesti. Judulnya memberi tahu kita bahwa semut mengubur lebah dengan kelompak bunga. Indah, bukan?"

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meski demikian, apa yang terlihat tidak seperti apa yang sebenarnya terjadi. Baik semut atau lebah melepaskan asam oleat ketika mereka mati. Bedanya, bila lebah punya kebiasaan membuang yang mati keluar dari sarang, semut akan mengangkut saudaranya yang mati ke dalam sarang mereka.

"Mereka mungkin bereaksi terhadap asam oleat, lalu ada yang mencoba menyeret lebah itu ke sarang untuk dimakan," ujar Elgar.

Ada pula hipotesis bahwa semut mungkin mencoba menyembunyikan bangka lebah yang mati dari predator lain dengan bunga, sebelum mereka memakannya nanti. Tapi hal tersebut jarang terjadi.

"Tebakan saya adalah lebah itu mati di atas pintu masuk sarang semut. Itulah mengapa ada sejumlah kelopak di sekitarnya karena semut membawa kelopak bunga ke sarang mereka," kata Elgar lagi.

Kenyataannya, memang banyak jenis semut yang memakan materi tanaman seperti kelopak bunga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.