Sukses

Catat, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Berangkat Salat Idul Adha

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menunaikan Salat Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Rabu (22/8/2018), masyarakat muslim telah bersiap untuk menunaikan Salat Ied esok hari. Momen Salat Idul Adha yang berlangsung satu tahun sekali tentu tak akan dilewatkan, bukan?

Nah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menunaikan Salat Idul Adha. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Mandi Sebelum Berangkat Salat Ied

Sebelum berangkat menuju masjid untuk menunaikan Salat Ied, baiknya kamu membersihkan diri dengan mandi sekaligus bersuci. Rasulullah SAW dan para sahabatnya selalu membersihkan diri setiap akan menunaikan Salat Idul Fitri maupun Idul Adha.

2. Kenakan Pakaian Bersih dan Terbaik

Setelah membersihkan diri, sunnah selanjutnya yakni menggenakan pakaian bersih dan terbaik. Artinya tak harus mengenakan pakaian baru, tapi pakaian sopan dan sesuai syariat agama dan nyaman dikenakan ketika menunaikan Salat Idul Adha.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Memakai Wewangian

Memakai wewangian biasanya lumrah dilakukan banyak orang. Para pria yang ingin menunaikan Salat Ied dianjurkan untuk menggunakan wewangian. Sementara, kaum hawa cukup membuat tubuhnya bersih agar bau badannya tidak mengganggu orang lain, meski tidak memakai wewangian.

4. Mengajak Keluarga Tunaikan Salat Ied

Jangan lupa mengajak seluruh keluarga untuk menunaikan Salat Ied bersama. Bahkan ketika kamu memiliki anak-anak yang masih kecil. Wanita yang tengah mengalami datang bulan juga dianjurkan datang untuk mendengarkan khotbah Ied. 

5. Takbir Selama Perjalanan ke Masjid

Selama perjalanan ke masjid untuk menunaikan Salat Ied, jangan lupa lantunkan takbir. Tak perlu lantang, kamu bisa melantunkannya dalam hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.