Jangan Keliru, Ini Perbedaan Asian Games dan SEA Games

Oleh Yulia Lisnawati pada 18 Agu 2018, 20:25 WIB
Penonton Seremoni Pembukaan Asian Games 2018 Padati Pintu Masuk

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018. Namun, hingga kini masih banyak masyarakat yang bingung dan keliru membedakan Asian Games dan SEA Games.

SEA Games merupakan singkatan dari “South East Asia” yang artinya pesertanya dari Asia Tenggara yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Sedangkan Asian Games adalah kompetisi olahraga dengan peserta se-benua Asia yang digelar setiap empat tahun sekali.

Selain perbedaan tersebut, ada pula sejumlah perbedaan lainnya yakni negara peserta dan cabang olahraga yang dipertandingkan.

Dalam SEA Games, penentuan cabang olahraga yang dipertandingkan diatur sesuai dengan SEA Games Federation Chapter and Rules. Tapi, tuan rumah bisa saja menambah atau mengurangi cabang olahraga sesuai dengan keuntungan yang bisa didapat tuan rumah.

Berbeda dengan Asian Games, beberapa cabang olahraga berbasis Olimpiade dan Non-Olimpiade wajib dipertandingkan dalam kompetisi tersebut. Namun, pendapat pihak tuan rumah tidak bebas atau dibatasi sesuai dengan persetujuan OCA (Olympic Council of Asia - Dewan Olahraga Asia).

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

2 of 2

Upacara Pembukaan Asian Games

Parade kostum defile di pembukaan Asian Games 2018
Berikut parade kostum dari 44 negara di pembukaan Asian Games 2018. (Foto: Liputan6.com/ meita fajriana)

Upacara Pembukaan Asian Games 2018 digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018) malam. 

Sejumlah pertunjukan telah disiapkan untuk memeriahkan upacara Pembukaan Asian Games 2018. Tercatat 3.600 penari akan terlibat dalam acara tersebut. Selain itu, dimeriahkan pula oleh musikus kebanggaan Indonesia dan ratusan pemusik.

Pengisi acara akan tampil di atas panggung megah nan spektakuler. Panggung berukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter tersebut akan menampilkan pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi dengan berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia, dibuat secara manual oleh perajin asal Bandung dan Jakarta.

Upacara pembukaan dan penutupan yang disebut-sebut akan memberikan kejutan ini dapat dipastikan akan disaksikan oleh miliaran penonton di seluruh dunia.

Lanjutkan Membaca ↓