Sukses

Waspada, Ini yang Akan Terjadi Jika Kebanyakan Konsumsi Garam

Terlalu banyak konsimsi garam, ini yang diperkirakan akan terjadi dalam tubuh kita.

Liputan6.com, Jakarta - Garam mungkin sudah menjadi bahan dasar di dapur yang kerap digunakan untuk masakan. Jadi tak heran setiap masakan yang kita makan mengandung garam di dalamnya. Selain digunakan dalam masakan, garam yang punya rasa asin yang juga dapat meningkatkan cita rasa makanan.

Tak jarang makanan asing juga disukai sebagian besar orang. Meski enak, tapi garam tak selalu baik untuk tubuh kita. Malahan ada dampak buruk yang bisa terjadi pada tubuh kalau seandainya mengonsumsi terlalu banyak garam.

Dirangkum Vemale, berikut merupakan hal yang dapat terjadi pada tubuh jika terlalu banyak mengonsumsi garam

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Perut Kembung

Tanda pertama yang dirasakan tubuh ketika berlebihan konsumsi garam adalah perut kembung. Tak hanya kembung, ini juga membuat berat badan tubuh seolah naik dengan drastisnya.

Ini disebabkan retensi cairan di jaringan tubuh meningkat akibat konsumsi natrium berlebih. Akibat retensi ini, perut juga bisa terasa sesak dan kembung, mata dan jari bengkak.

3 dari 4 halaman

2. Sakit Kepala

Konsumsi asupan garam berlebih bisa memicu sakit kepala. Ini juga bisa memicu tekanan darah meningkat dan menyebabkan tengkuk terasa kaku, sakit serta tidak nyaman.

Mandy Enright, seorang ahli gizi dan pelatih kebugaran di New Jersey mengatakan, "Terlalu banyak garam bisa menyebabkan pembuluh darah di otak mengembang, inilah yang menjadi penyebab sakit kepala atau pusing."

4 dari 4 halaman

3. Sering Buang Air Kecil

Kebanyakan asupan garam juga bisa membuat seseorang terlalu sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Dr Matsuo Tomohiro dari Universitas Nagasaki di Jepang mengungkapkan jika tubuh yang terlalu banyak asupan garamnya bisa berisiko kencing lebih sering. Pada orang yang sudah lanjut usia, kelebihan garam bahkan bisa memicu gangguan tidur dan kelelahan.

Reporter:

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.