Sukses

Sambangi Lombok, Presiden Jokowi Jadi Imam Salat Magrib di Tenda Darurat

Kunjungan Presiden Jokowi di Lombok Utara untuk menemui para korban gempa juga membuatnya ikut salat di musala darurat.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, diguncang gempa bumi pada 5 Agustus 2018, dengan kekuatan mencapai 7 SR. Tentu Presiden Jokowi berkunjung ke Lombok untuk memantau para pengungsi korban dari bencana gempa.

Wilayah yang dikunjungi Presiden Jokowi, yakni Dusun Karangkates, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, pada Selasa (14/8/2018). Wilayah itu dipilih karena menjadi kawasan yang mengalami dampak gempak terparah.

Setelah mengobrol dengan pengungsi dan menghibur anak-anak korban gempa, Presiden Jokowi tak lupa mengimami salat Magrib karena waktu menjelang petang. Dengan hanya beratapkan tenda darurat, Jokowi kemudian memipin salat Magrib berjemaah di lokasi pengungsian korban gempa.

"Sudah hampir petang kemarin, ketika saya tiba di Dusun Karangkates, Kecamatan Gangga di Lombok Utara. Saya sempat mengobrol dengan warga dan menghibur anak-anak di tenda pengungsian. Salat Magrib bersama warga digelar di musala darurat berupa tenda beratap terpal dan berdinding plastik," tulis Presiden Jokowi dikutip dari akun Facebooknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Presiden Jokowi Beri Bantuan Korban

Presiden Jokowi mengatakan jika pemerintah akan memberikan bantuan uang untuk merenovasi rumah yang terkena dampak gempa. Terdapat dua kategori kerusakan yang akan mendapatkan bantuan.

Kategori pertama yaitu kerusakan berat yang akan mendapatkan bantuan sebesar 50 juta. Yang kedua, yaitu kategori sedang, yang akan mendapatkan bantuan sebesar 25 juta. 

3 dari 4 halaman

3. Kepedulian banyak pihak pada korban gempa Lombok

Bencana gempa di Lombok yang terjadi belakangan ini menjadi perhatian seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Akibat gempa yang terjadi beberapa hari di Lombok membuat puluhan warga meninggal dan ratusan lainnya harus mengungsi karena kehilangan tempat tinggal. 

Saat ini seluruh mata masyarakat Indonesia pun tertuju ke Lombok untuk memberikan perhatian dan bantuan. Grup musik Sabyan Gambus pun tak ketinggalan ikut berkontribusi menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Lombok. Bekerja sama dengan Dauky Fashion Hijab, Sabyan Gambus melakukan lelang pakaian yang hasilnya bakal disumbangkan untuk korban gempa Lombok.

"Penggalangan dana itu untuk lombok bersama Dauky. Jadi ada baju, jaket, sepatu yang kami tanda tangani lalu dilelang di situsnya Dauky. Nanti semua hasilnya kami sumbangkan ke Lombok," ungkap Nissa Sabyan saat launching website Dauky di Kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jum'at (10/8). 

4 dari 4 halaman

3. Sedih Melihat Korban Gempa

Ditanya soal target hasil lelang yang disumbangkan, Nissa mengaku tak mau bicara masalah angka. Menurut dia, berapa pun angka rupiah yang akan disumbangkan bukanlah hal utama. Yang terpenting dirinya bersama Sabyan Gambus ikhlas memberikan bantuan. 

"Berapanya kami enggak tahu. Yang penting kami ikhlas membantu," ucap Nissa.

Sama seperti yang lainnya, Nissa mengaku sedih dan prihatin ketika mendengar kabar tentang gempa Lombok yang memakan banyak korban. Terlebih, Sabyan Gambus memiliki teman di Lombok yang juga terkena bencana. Selain memberikan bantuan berupa barang, Sabyan Gambus diwakili oleh Nissa memberikan doa dan harapan untuk warga Lombok yang terkena musibah.

"Kami cukup sedih ya, karena di sana ada teman kita juga. Kita sempat tanya-tanya sama teman di sana. Semoga ke depannya masih baik-baik saja," katanya. 

Selain rakyat Indonesia dan para artis serta seleb, artis dan presiden luar negeri juga turut menyampaikan rasa belasungkawa mereka kepada para korban gempa Lombok.

Reporter:

Ferry Sanjaya

Sumber: Kapanlagi.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.