Sukses

Berusia 3 Abad, Masjid Kuno di Lombok Tetap Kokoh Meski Diguncang Gempa

Masjid yang berjarak 80 km dari ibu kota NTB sama sekali tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengalami rentetan gempa bumi. Getaran gempa pertama kali pada 29 Juli 2018, dengan kekuatan 6,4 SR. Yang terparah gempa pada 5 Agustus 2018 dengan kekuatan mencapai 7 SR.

Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terbaru menyebutkan, korban meninggal akibat gempa Lombok 7 SR terus bertambah. Hingga Sabtu 12 Agustus 2018, tercatat 392 orang meninggal dunia akibat gempabumi 7 SR di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali.

Namun, ada masjid yang tetap berdiri kokoh di Lombok. Masjid ini merupakan masjid kuno yang diperkirakan telah berdiri selama 300 tahun terakhir. Melansir dari laman merdeka.com, masjid ini adalah Masjid Bayan Beleq. Ini merupakan masjid yang berada di Kampung Adat Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Masjid yang berjarak 80 km dari ibu kota NTB sama sekali tidak mengalami kerusakan yang berarti. Hanya bagian pagar yang terlihat berserakan. Masjid Bayan Beleq sendiri memiliki pondasi yang terbuat dari susunan batu. Dindingnya anyaman bambu, atapnya berasal dari bambu dan ditutupi ijuk. Masjid ini berdiri kokoh di atas gundukan sebuah bukit kecil di Kampun Adat Bayan.

Selain masjid Bayan Beleq yang tetap berdiri kokoh, rumah warga di sekitar masjid juga tetap berdiri kokoh meski telah diguncang gempa berkekuatan dahsyat. Raden Kertamaji, penjaga rumah adat setempat mengatakan, "Alhamdulillah tidak ada yang rusak. Ini pagar temboknya sedang dibersihkan."

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dari beberapa laporan yang ada, Kampung Bayan adalah kampung yang menjadi gerbang masuknya Islam di tanah Lombok. Di Bayan inilah agama Islam mulai diperkenalkan. Sementara masjid Bayan Beleq, banyak yang mengatakan bahwa masjid ini adalah masjid pertama yang didirikan di tanah Lombok.

Hingga kini bantuan untuk korban gempa Lombok terus berdatangan dari berbagai pihak. Saudara-saudara kita di Lombok juga masih membutuhkan bantuanmu. Mari kita bantu ringankan derita saudara-saudara kita di Lombok. Untuk kamu yang mau berdonasi, bisa klik di sini.

Reporter:

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.