Sukses

Keren, Aksi 935 Penyelam Wanita Bentangkan Bendera Indonesia di Bawah Laut

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 900 lebih penyelam turut serta dalam aksi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka menyambut kemerdekaan Indonesia ke-73, para penyelam wanita Indonesia yang tergabung dalam Wanita Selam Indonesia (WASI) melakukan penyelaman massal.

Aksi penyelaman massal ini dilakukan oleh 935 penyelam yang juga bertujuan untuk memecahkan rekor MURI.

Tak hanya dari warga Indonesia saja, namun warga Singapura juga ikut berpartisipasi. Setelah para penyelam tersebut masuk ke dalam laut, mereka akan membentangkan bendera merah putih yang panjangnya 500 meter.

Penyelaman dilakukan di kawasan Mega Mas, Manado, Sabtu (11/8/2018) yang dimulai pada pukul 09.00 hingga 10.00 WIB.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyelaman Massal Dipimpin Ketua WASI

Penyelaman dipimpin langsung oleh ketua Wanita Selam Indonesia (WASI), Tri Suswati Tito Karnavian. Tri Suswati yang kala itu mengenakan pakaian selam berwarna merah muda turun lebih dulu untuk melakukan penyelaman. Baru setelah itu diikuti oleh peserta lainnya.

Tri Suswati turun lewat tangga pertama. Sementara peserta lainnya melewati 20 tangga lain yang telah disediakan para panitia penyelenggara. Setelah menunggu 15 menit, mereka pun satu per satu masuk ke dalam laut.

Cuaca cerah pun berlangsung saat penyelaman di mulai. Suhu air berkisar 30 derajat Celcius. Air laut yang jernih itupun mulai keruh saat penyelam tiba di dasar laut. Hal ini dikarenakan pasir yang naik terkena fin penyelam. 

3 dari 4 halaman

30 Menit di Dasar Laut Sambil Bentangkan Bendera

Setelah semua penyelam telah terjun ke laut, Tri Suswati lalu mengecek barisan. Posisi para penyelam pun menghadap ke laut lepas. Bendera Merah Putih pun dibentangkan di barisan paling depan dengan panjang 500 meter.

Setelah 30 menit berada di dasar laut, para penyelam pun mengakhiri penyelamannya. Mereka naik ke darat dan acara pun berlangsung dengan lancar. 

4 dari 4 halaman

Raih Rekor Dunia

Sehari sebelum penyelaman, para penyelenggara telah mengadakan jumpa pers. Ketua Wanita selam Indonesia (WASI), Tri Suswati Tito Karnavian juga turut dalam acara jumpa pers tersebut.

Dalam acara tersebut juga hadir Jaya Suprana, pendiri Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Ia menolak jika menyebut penyelaman massal ini sebagai rekor terbanyak di Indonesia. Karena seharusnya penyelaman massal ini mendapat rekor dunia.

"Jadi ini adalah rekor dunia. Karena belum ada wanita sebanyak ini yang melakukan penyelaman sebanyak ini di planet bumi," ujarnya di atas panggung.

"Jadi yang tadi sempat kesel, kok rekornya ditolak jangan salah paham. Ini bukan hanya rekor Indonesia tapi rekor dunia. Karena itulah dengan bangga, Museum Rekor Dunia Indonesia dengan bangga, memberikan penghargaan rekor dunia," lanjutnya.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan oleh Jaya Suprana kepada ketua WASI, Tri Suswati.

Penulis:

Galuh Esti Nugraini

Sumber: Kapanlagi.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.