Sukses

Bertahun-tahun Pakai Kasur yang Sama Buat Anda Sakit, Ini Sebabnya

Tanpa disadari, kasur yang dipakai selama bertahun-tahun dapat membuat Anda sakit. Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga pikiran dan tubuh untuk tetap sehat. Sayangnya, terkadang penyebab penyakit Anda mungkin adalah sesuatu yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Misalnya saja, kasur yang telah lama Anda gunakan.

Jujur saja, seberapa sering Anda membersihkan kasur? Mungkin tidak begitu sering. Rata-rata kita tidur 7-8 jam sehari, yang berarti kita menghabiskan sebagian besar waktu tidur kita.

Nah, jika Anda tidur di kasur yang sama selama bertahun-tahun, Anda mungkin bisa bayangkan masalah kesehatan yang mungkin mengintai Anda.

Seiring waktu, kasur menjadi surga bagi sel kulit mati, keringat, minyak alami tubuh, dan debu. Meski kasur Anda tidak berbau, Anda tetap harus waspada. Sebab lingkungan yang tampaknya bersih seperti kasur, dapat menjadi sarah bagi debu dan tungau yang menyebabkan alergi atau asma Anda lebih buruk.

Ini sebabnya, beberapa orang mengatakan untuk jangan langsung merapikan kasur segera setelah Anda bangun. Anda harus menunggu setidaknya satu jam, membiarkan kasur yang awalnya hangat karena tubuh Anda mendingin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain itu, menurut sebuah artikel di Reader's Digest, kasur yang bertahun-tahun digunakan dapat membuat Anda mengalami sakit punggung, nyeri leher, dan meningkatkan tingkat stres.

"Leher dan nyeri punggung bawah adalah keluhan umum karena kurangnya dukungan dari kasur lama," ujar Todd Goldman, seorang chiropractor yang berpengalaman bertahun-tahun.

Semakin tua kasur Anda, semakin sedikit ia mampu mendukung tulang belakang dan otot secara umum. Dan ketika Anda kesakitan atau merasa tidak nyaman, Anda cenderung merasa stres.

Lebih banyak stres berarti lebih sedikit tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan Anda kehilangan memori, menempatkan Anda pada risiko Alzheimer dan demensia.

Nah kalau demikian, berapa sebaiknya umur sebuah kasur? Berapa lama boleh digunakan? Jika kasur Anda sudah berusia lebih dari delapan tahun, maka sudah waktunya Anda menggantinya dengan yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.