Tidak Hanya Monas, 7 Bangunan Ini Juga Dilapisi Emas

Oleh Liputan6.com pada 03 Agu 2018, 14:00 WIB
Diperbarui 05 Agu 2018, 13:13 WIB
Tidak Hanya Monas, 7 Bangunan Ini Juga Dilapisi Emas

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal emas memang selalu menggiurkan banyak orang. Tentu hasil tambang ini sering dikaitkan sebagai simbol kekayaan. Bagaimana tidak, tambang emas bisa dianggap berharga dan malahan dicari oleh banyak orang.

Sumber daya alam yang menghasilkan emas malahan juga bisa disebut dapat memakmurkan dan memberi pendapatan besar bagi negara.

Di sisi lain, emas tidak hanya untuk urusan ekonomi saja. Ada sejumlah bangunan yang justu sengaja dilapiskan emas asli untuk memberikan kesan yang megah dan mewah.

Selain Monumen Nasional di Indonesia yang puncaknya dilapisi emas, sejumlah bangunan ini juga sama lho. Berikut ini delapan bangunan yang berlapiskan emas asli.

2 of 8

1. Gedung Parlemen Hungaria

Tidak Hanya Monas, 7 Bangunan Ini Juga Dilapisi Emas
(Foto rangkuman dari Merdeka) Gedung Parlemen Hungaria.

Gedung Parlemen Hungaria atau juga dikenal sebagai Parlemen Budapest adalah tempat bertemunya anggota Majelis Nasional Hungaria. Sampai sekarang, gedung ini adalah bangunan terluas di Hungaria dan gedung tertinggi di Budapest.

Gedung Parlemen Hungaria merupakan landmark dan tujuan wisata populer di Budapest. Letaknya di Lajos Kossuth Square, di tepi sungai Danube. Walaupun begitu gedung ini bisa disaksikan dari setiap sudut kota Budapest. Aula utama dari gerbang masuknya terbuat dari 40 kilogram emas padat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

3 of 8

2. Istana Katarina - Rusia

Tidak Hanya Monas, 7 Bangunan Ini Juga Dilapisi Emas
(Foto rangkuman dari Merdeka) Istana Katarina

Bangunan seindah kastil di dalam cerita dongeng ini merupakan istana yang terletak di kota Tsarskoye Selo (Pushkin), sebelah selatan St. Petersburg, Rusia. Dulunya merupakan istana musim panas bagi para tsar Rusia.

Eksterior istana dihiasi dengan patung-patung dan relief cantik yang dilapisi 100 kilogram emas murni. Sementara ruangan-ruangan di bagian dalamnya dihiasi aksen dengan lapisan emas tebal. Dari kursi, kusen pintu, patung-patung, sampai vas bunga didominasi dengan emas.

4 of 8

3. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Brunei Darussalam

Tidak Hanya Monas, 7 Bangunan Ini Juga Dilapisi Emas
(Foto rangkuman dari Merdeka) Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Brunei Darussalam

Masjid Omar Ali Saifuddien adalah masjid yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibukota Kesultanan Brunei. Masjid ini dianggap salah satu masjid terindah di Asia Pasifik dan Asia Tenggara.

Arsitekturnya yang indah sekaligus menjadi daya tarik wisata utama Brunei.Bangunannya rampung pada tahun 1958 dan merupakan contoh arsitektur Islam modern. Masjid ini dibangun di atas sebuah laguna buatan di tepi Sungai Brunei, Kampong Ayer.

Masjid ini memiliki menara marmer dan kubah berlapis emas asli. Materialnya pun bahan-bahan nomor satu yang diimpor dari seluruh dunia. Marmer didatangkan langsung dari Italia, granit dari Shanghai, lampu kristal dari Inggris, dan karpet-karpet pelapis lantai bagian dalam merupakan produk ekspor Saudi Arabia. Kubahnya terbuat dari emas 24 karat dan menghabiskan dana hingga 5 juta dollar Amerika.

5 of 8

4. Compania de Jesus - Ekuador

Tidak Hanya Monas, 7 Bangunan Ini Juga Dilapisi Emas
(Foto rangkuman dari Merdeka) Compania de Jesus - Ekuador

La Iglesia de la Compania de Jesus atau biasa disebut La Compania adalah sebuah gereja Jesuit di Quito, Ekuador. Gereja ini termasuk salah satu bangunan paling terkenal di Quito, karena salah satu ceruknya dihiasi dengan lapisan emas asli.

Begitu memasuki ceruk emas La Compania, pengunjung akan merasa seperti dikelilingi kemewahan. Sebab seluruh dinding dan langit-langitnya memang berlapis emas.

Desain arsitektur gereja ini terinspirasi oleh dua gereja Jesuit Roma, yaitu Chiesa del Gesu dan Chiesa di Sant'Ignazio di Loyola. Bagian tengahnya beratap kubah laras setinggi 26 meter yang terbuat dari batu apung dan batu bata. Kubah logam ini dihiasi dengan relief-relief Mudejar berbahan plester, polikrom, dan emas asli.

6 of 8

4. Kinkakuji - Jepang

Tidak Hanya Monas, 7 Bangunan Ini Juga Dilapisi Emas
(Foto rangkuman dari Merdeka) Kinkakuji - Jepang

Kinkakuji yang berarti 'paviliun emas' adalah sebuah tempat ibadah nan eksotis di tengah danau. Termasuk salah satu bangunan terindah yang dimiliki Kyoto.

Kuil yang memiliki nama resmi Rokuonji ini sebenarnya adalah tetirah peristirahatan bagi shogun Ashikaga Yoshimitsu. Sesuai wasiat sang shogun, bangunan tersebut diubah menjadi kuil Zen setelah kematiannya pada tahun 1408.

Bangunan Kinkakuji terdiri dari tiga lantai. Dua lantai teratas dilapisi dengan emas asli. Lantai kedua dirancang dengan gaya Bukke seperti kediaman para samurai. Di dalamnya terdapat patung Kannon Bodhisattva yang dikelilingi Empat Dewa Langit. Lantai ketiga dibangun dengan gaya aula Zen China dengan burung api menghiasi puncaknya.

7 of 8

5. Kuil Emas Amritsar - India

Keindahan Kuil Emas Saat Perayaan Ulang Tahun Guru Sikh
Pemandangan Kuil Emas di Amritsar saat acara peringatan ulang tahun ke 397 Guru Sikh Kesembilan, India (5/4). Mereka memperingati ulang tahun Guru Kesembilan atau Guru Tegh Bahadur. (AFP/Narinder Nanu)

Sri Harmandir Sahib atau lebih dikenal dengan nama Kuil Emas Amritsar adalah gurdwara (tempat ibadah pemeluk Sikh) paling suci yang juga menyambut kedatangan pemeluk kepercayaan lain dengan tangan terbuka.

Kuil dengan arsitektur mengagumkan ini berada di Atta Mandi, Katra Ahluwalia, Punjab dan mengusung perpaduan gaya arsitektur Hindu dan Islam. Kuil dibangun dengan marmer putih yang kemudian dilapisi emas asli. Penggunaan emas ini dilakukan pada masa pemerintahan Maharaja Ranjit Singh.

Sebanyak 100 kilogram emas digunakan untuk melapisi kubah kuil saja. Menurut kabar yang beredar, total emas yang digunakan untuk seluruh bangunan mencapai 750 kilogram. Namun hingga kini kabar tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.

8 of 8

7. Shwedagon Paya - Myanmar

Tidak Hanya Monas, 7 Bangunan Ini Juga Dilapisi Emas
(Foto rangkuman dari Merdeka) Shwedagon Paya - Myanmar

Pagoda yang berada di Singuttara Hill, Yangon, Myanmar ini memiliki nama resmi Shwedagon Zedi Daw. Namun seluruh dunia lebih mengenalnya dengan nama Shwedagon Paya. Ada juga yang menyebutnya Pagoda Emas. Inilah salah satu tempat peribadatan terpenting sekaligus termegah di Myanmar.

Pusat pagoda adalah sebuah stupa emas setinggi 99 meter, mendominasi langit Yangon dengan puncaknya yang keemasan. Struktur pagoda dipenuhi benda berharga. Dilansir DailyMail, dasar stupa dilapisi dengan raturan lempeng emas. Sementara bagian atasnya bertatahkan sekitar 5.000 berlian. Permata yang terbesar adalah berlian 72 karat.

 

Reporter

Tantri Setyorini

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓