Sukses

Alami Pusing Selama 6 Bulan, Otak Bocah Ini Ternyata Dipenuhi Cacing Pita

Ketika diperiksa lebih lanjut, otak bocah ini ternyata sudah dipenuhi oleh sekitar 100 telur cacing pita yang hampir menetas.

Liputan6.com, Jakarta Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang sering dialami orang dari berbagai usia. Banyak yang berpikir sakit kepala merupakan penyakit yang ringan dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika kalian kerap merasakan sakit kepala dalam jangka waktu yang panjang sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Hal serupa dialami oleh anak perempuan asal India berusia 8 tahun. Bocah ini kerap merasakan sakit kepala yang teramat sangat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Selama 6 bulan belakangan dirinya sering merasa sakit kepala hebat yang tak kunjung sembuh.

Tak hanya itu, gejala lain yang ia alami kejang-kejang serta epilepsi yang sangat berbahaya ketika dirinya sedang pusing. Hal ini tentu saja sangat membuat dirinya menderita. Ketika periksa ke dokter awalnya sakit kepala yang diderita oleh anak perempuan ini adalah neurocysticercosis yang bersarang di dalam perutnya, atau dikenal gejala cacing pita.

Namun tak hanya sampai di situ, ketika diperiksa lebih lanjut ada hal yang jauh lebih mengejutkan. Bagaimana tidak, kepala gadis ini ternyata sudah dipenuhi oleh sekitar 100 telur cacing pita yang hampir menetas. Telur cacing inilah yang membuat kepala anak berusia 8 tahun ini sangat sakit.

Bocah malang ini akhirnya diberikan perawatan intensif dan akan segera dilakukan operasi untuk mengeluarkan cacing yang ada di kepalanya tersebut. Besar kemungkinan cacing ini bisa ada di kepala bocah tersebut lantaran makanan yang dikonsumsinya tidak higienis mulai dari buah, sayuran dan juga bahan makanan lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Terjadi

Nyatanya hal ini bukanlah pertama kalinya terjadi. Beberapa saat lalu seorang pria paruh baya asal China dibawa ke rumah sakit oleh keluarganya setelah mengalami sakit kepala parah dan mual selama setengah tahun. Dokter pun terkejut ketika menemukan 30 telur cacing pita berada di dalam otak pria bernama Wu itu. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang berdiameter 1 cm.

Sejumlah ahli meyakini, cacing pita yang berasal dari babi itu berada di dalam otak Wu setelah pria tersebut mengonsumsi daging babi yang tak matang dengan sempurna. Hasil pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) memperlihatkan puluhan telur cacing pita memenuhi otak Wu. Telur tersebut membuat Wu mengalami hidrosefalus atau penumpukan cairan pada rongga otak.

Reporter: Eko Wahyu Putradinata

Sumber: Brilio.net 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.