Sukses

Tempat Wisata Banyuwangi Paling Hits 2018, Mulai Kawah Ijen hingga Pulau Merah!

Salah satu destinasi wisata yang sedang ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri adalah Kota Banyuwangi. Banyuwangi yang merupakan sebuah kota di ujung timur Pulau Jawa ini, ternyata menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa.

Jakarta Salah satu destinasi wisata yang sedang ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri adalah Kota Banyuwangi. Banyuwangi yang merupakan sebuah kota di ujung timur Pulau Jawa ini, ternyata menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa.

Banyuwangi sendiri merupakan Kabupaten yang paling luas di Jawa Timur, sehingga di dalamnya ada banyak sekali kondisi alam yang sarat keindahan dan menanti untuk dieksplorasi. Mulai dari puluhan air terjun, pemandangan dari area pegunungan, hamparan luas hutan tropis, serta pantai-pantai yang indah.

Belum lagi percampuran kebudayaan yang beragam di kota ini membuat wisata Banyuwangi juga khas di aspek budaya dan kuliner.

Oleh karena itu, mari kita bahas deretan wisata Banyuwangi seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Sabtu (21/7/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Wisata Banyuwangi Kawah Ijen

Salah satu wisata Banyuwangi yang paling tersohor adalah Kawah Ijen. Wisata Banyuwangi yang satu ini ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO pada 2016 silam, dan makin populer di kalangan wisatawan terutama dari mancanegara.

kawah Ijen merupakan kaldera terbesar di Pulau Jawa, yang terbentuk dari letusan Gunung Ijen. Sebenarnya ini adalah lokasi berbahaya karena airnya punya tingkat keasaman yang tinggi. Meski demikian, para wisatawan mengambil risiko bahaya tersebut dan terbayarkan dengan pemandangan magis yang ditawarkan. Daya tarik utamanya adalah api biru atau Blue Fire yang muncul di lokasi penambangan sulfur pada pagi buta. Belum lagi indahnya matahari terbit dan panorama gunung tinggi lain seperti Merapi dan Raung yang terlihat jelas dari Ijen.

Untuk ke Kawah Ijen, Anda harus melakukan pendakian selam kurang lebih 2 jam hingga 3 jam.

3 dari 13 halaman

Wisata Banyuwangi berupa pantai

Berikut akan kami jabarkan deretan pantai yang jadi ikon dari wisata Banyuwangi.

1. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung adalah pantai yang sudah sejak lama terkenal dengan ombaknya yang menantang para peselancar dari seluruh dunia untuk datang ke sana. Digadang-gadang, Plengkung punya ombak mirip Hawaii dan di musim panas para pegiat selancar dunia berbondong-bondong ke pantai ini.

Pantai ini terletak di kawasan Taman nasional Alas Purwo, sehingga Anda bisa juga menelusuri keindahan Alas Purwo sembari menikmati pantai dengan tebing dan juga garis pantai yang melengkung ini.

4 dari 13 halaman

2. Pantai Teluk Hijau

Sering juga disebut "Green Bay", Pantai Teluk Hijau terkenal sebagai wisata Banyuwangi yang menawarkan suasana pantai dengan laut berwarna hijau. Terletak di Taman Nasional Meru Betiri, panorama eksotis yang dihasilkan air laut yang disinari matahari membuat Pantai Teluk Hijau cocok jadi tempat untuk cuci mata dan menenangkan pikiran Anda.

5 dari 13 halaman

3. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade adalah pantai yang berada dalam satu area dengan pantai Teluk Hijau. Wisata Banyuwangi yang satu ini terkenal dengan pantainya yang jadi tempat penyu untuk bertelur. Hal ini membuat Sukamade juga jadi lokasi penangkaran telur penyu.

6 dari 13 halaman

4. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi juga merupakan pantai yang berlokasi di Taman NasionalMeru Betiri. Tak cuma sebagai ikon wisata Banyuwangi, Pantai Rajegwesi sebenarnya adalah kampung nelayang yang jadi tempat perahu pencari ikan masyarakat berlabuh.

Penamaan Pantai Rajegwesi berasal dari bahasa Jawa yang berarti pagar besi, merujuk ke karang dengan kandungan besi yang mengelilingi pantai ini.

Yang membuat wisata Banyuwangi yang satu ini makin eksotis adalah letaknya yang dikelilingi hutan hujan tropis, yang membuat kondisi dari pantai ini cukup tenang dan sepoi-sepoi.

7 dari 13 halaman

5. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng adalah wisata Banyuwangi yang disebut-sebut mirip dengan Raja Ampat karena banyaknya tebing di sekitar pantai. Ini adalah pantai yang masih belum begitu dijamah, fasilitasnya masih minim, dan keindahannya masih sangat terjaga. Cocok untuk Anda yang suka pantai dengan suasana tenang yang tak banyak orang namun tetap dipenuhi panorama eksotis.

8 dari 13 halaman

Wisata banyuwangi Pulau Merah

Salah satu wisata Banyuwangi yang paling terkenal adalah Pantai Pulau Merah. Pantai ini dinamakan demikian karena ada sebuah bukit dengan bibir pantai dengan tanah yang nampak berwana merah. Bukit Pulau Merah ini bisa didatangi jika air laut sedang surut.

Pantai Pulau Merah ini tersohor sebagai lokasi selancar papan atas dunia, dengan telah berhasil mengadakan kompetisi selancar nternational Surfing Competition sebanyak empat kali. Para peselancar pun cocok dengan kondisi Pantai yang berpasir sehingga lebih aman untuk selancar ketimbang beberapa pantai lain yang bagian bawah gelombangnya berupa karang. Pantai ini pun juga disukai peselancar pemula karena ombaknya yang lebih 'jinak' ketimbang Pantai Plengkung.

9 dari 13 halaman

Wisata Banyuwangi bernuansa alam

Wisata Banyuwangi dengan nuansa alam memang dipenuhi oleh deretan pantai-pantai berombak ramah. Namun di sisi lain, banyak juga potensi alam dari wisata Banyuwangi di sisi hutan dan juga dataran tingginya. Berikut ulasannya.

1. Bukit Mondoleko

Bukit Mondoleko adalah wisata Banyuwangi yang sedang diburu masyarakat hits yang gemar berfoto dan mengisi Instagram feed mereka. Pasalnya Bukit Mondoleko ini menawarkan hawa sejuk dengan pemandangan hijau dari kawasan Pegunungan Raung.

Dengan pepohonan rindang serta sawah-sawah hijau, tak lupa jembatan bambu di atas bukit, Mondoleko akan jadi wisata Banyuwangi yang tak boleh Anda lewatkan.

10 dari 13 halaman

2. Air Terjun Lider

Terletak di lereng Gunung Raung, Air Terjun Lider adalah wisata Banyuwangi yang menawarkan wisata alam ekstrem berupa air terjun yang sangat tinggi. Perkiraan tinggi air terjun Lider ini sekitar 60 meter dan dikelilingi tebing berbatu di dalam kawasan hutan lindung. Air terjun yang cantik ini agak susah dicapai, karena Anda harus menaklukkan 7 sungai dan trekking di hutan dengan kontur yang tak menentu.

11 dari 13 halaman

3. Air Terjun Selendang Arum

Air Terjun Selendang Arum adalah air terjun yang cantik, dengan suara gemericik air yang menenteramkan. Lokasinya yang sejuk dan juga berada di tengah hutan membuat wisata Banyuwangi yang satu ini cocok untuk jadi tempat santai dengan berendam di air dingin atau memanjat bebatuan untuk berfoto.

12 dari 13 halaman

4. Air Terjun Temcor

Air Terjun Temcor adalah wisata Banyuwangi yang unik karena merupakan sumber irigasi yang jatuh dari tepi jurang. Jadi alih-alh sekedar satu air terjun, ada beberapa air terjun yang nampak seperti aliran yang jatuh dari persawahan.

Untuk menelusurinya, Anda harus melewati sawah dan menuruni tebing yang licin di antara persawahan ini. Di bagian bawah juga terdapat kolam yang cukup lebar yang bisa digunakan untuk berenang dan bersantai.

13 dari 13 halaman

5. Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

Wisata Banyuwangi ini merupakan air terjun yang mendapatkan namanya karena bentuknya yang menyerupai jari telunjuk. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang berjiwa petualang karena untuk sampai ke sana Anda harus trekking melalui hutan belantara Gunung Raung dan jalan setapak yang tak mudah dilalui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.