Alami Batuk yang Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius Ini

Oleh Liputan6.com pada 16 Jul 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 16:34 WIB
8 Cara Praktis Redakan Batuk Kering (Image Point Fr/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Flu disertai batuk merupakan salah satu penyakit yang sering dialami orang dari berbagai usia. Biasanya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari meski tanpa diobati.

Hal yang perlu kalian perhatikan hanyalah istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang sehat serta minum banyak air. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang yang kerap menganggap remeh flu maupun batuk.

Namun nyatanya kalian perlu waspada jika batuk yang diderita tak kunjung sembuh. Hal ini lantaran batuk yang tak kunjung sembuh bisa jadi salah satu tanda penyakit-penyakit yang cukup serius. 

Lantas apa penyakit serius yang ditandai dengan batuk tak kunjung sembuh?

2 of 3

1. Pertusis

Kenali Perbedaan Batuk TBC dan Batuk Biasa (Alexander Raths/Shutterstock)
Kenali Perbedaan Batuk TBC dan Batuk Biasa (Alexander Raths/Shutterstock)

Mungkin banyak diantara kalian yang takt ahu apa itu Pertusis? Pertusis juga disebut dengan batuk rejan. Ya, batuk jenis ini pasti sering kamu dengar. Pertusis dikatakan sangat menular, lantaran disebabkan oleh infeksi bakteri pada paru-paru dan pernapasan. Tak batuk yang tak kunjung sembuh, tanda lain dari Pertusis antara lain pilek dan juga demam.

3 of 3

2. Kanker Paru-Paru

Batuk
Ilustrasi Foto Batuk (iStockphoto)

Selain Pertusis, batuk yang tak kunjung sembuh bisa menjadi pertanda dari kanker paru-paru. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Ches menyatakan ternyata ada 60 persen pasien kanker paru-paru mengalami batu kronis yang tak kunjung sembuh.

Oleh karena itu jika diantara kalian ada yang menderita batuk yang tak kunjung sembuh dalam dua minggu, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Terlebih lagi jika batuk sudah mengeluarkan darah, suara menjadi serak, lendir berwarna, dan juga disertai nyeri di dada. 

Reporter: Karla Farhana

Sumber: Bintang.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓