Sukses

4 Fakta Harun Yahya, Si Penentang Evolusi Darwin yang Ditangkap Polisi

Penulis Harun Yahya yang memiliki nama asli Adnan Oktar ditangkap Kepolisian Istanbul, Turki

Liputan6.com, Jakarta Penulis Harun Yahya yang memiliki nama asli Adnan Oktar ditangkap Kepolisian Istanbul, Turki, pada Rabu (11/07/2018). Pria 62 tahun itu dikenal karena menentang Teori Evolusi Darwin dan menulis buku-buku kontroversial lainnya, salah satunya The Atlas of Creation.

Selain hal tersebut, masih ada beberapa fakta Harun Yahya lainnya. Ini dia.

1. Sempat jadi buronan

Sebelum ditangkap, Harun Yahya sempat masuk dalam daftar pencarian orang Departemen Kejahatan Finansial Kepolisian Turki. Selain itu, Kepolisian Turki juga melakukan penangkapan terhadap para pengikut pria tersebut di 5 provinsi berbeda di hari yang sama.

2. Pengikutnya lakukan kekerasan

Harus Yahya diketahui memiliki banyak pengikut. Otoritas Turki menuduh ratusan anggota pengikutnya terlibat dalam sejumlah kasus kriminal. Mereka diduga terkait dengan tindakan kekerasan, pelecehan, hubungan seksual anak di bawah umur, penculikan, penahanan anak di bawah umur, pelanggaran pajak, dan pelanggaran undang-undang antiterorisme. Meski demikian, baru sekitar 234 pengikut yang terungkap dan ditangkap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Anak-anak kucing Harun Yahya

Harun Yahya diketahui kerap dikelilingi oleh sejumlah perempuan seksi yang disebut "Kitten" alias anak-anak kucing. Perempuan-perempuan tersebut memiliki paras yang sama, dengan rambut panjang, dan makeup tebal.

Selain itu, saluran tv milik Harun Yahya, A9, juga dihentikan oleh pengawas pertelevisian Turki pada Februari 2018 karena melanggar kesetaraan gender dan hak-hak perempuan.

4. Buku-bukunya laris di Indonesia

Harun Yahya menulis Atlas Penciptaan pada tahun 2006. Dalam teorinya, teori Evolusi Darwin adalah akar dari terorisme global. Tak disangka, buku-bukunya laris manis terlebih di Indonesia. Ia telah menulis lebih dari 300 buku yang telah diterjemahkan ke dalam 73 bahasa.

Penulis: Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.