Sukses

Siapa Sangka, 10 Benda Tak Terduga Ini Ternyata Sangat Berguna

Ternyata benda sepele ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, cek disini

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak beragam benda yang kalian temui sehari-hari. Namun tak sedikit dari kalian yang belum benar-benar tahu bahwa benda-benda tersebut memiliki manfaat lain dari fungsi sesungguhnya yang bisa mempermudah hari-hari kalian. Berikut ini 10 benda yang ternyata memiliki kegunaan tak terduga, apa saja?

1. Kartu Kredit

Rupanya kartu kredit tak hanya berguna untuk proses jual beli, tetapi bisa dijadikan alat penyelamat jika tersengat lebah atau terkena duri landak. Cukup dengan menggesekan kearah yang terkena duri, lalu Tarik duri tsb.

2. Kaleng Tuna

Tak hanya berisi tuna, tetapi juga memiliki cukup minyak di dalam untuk membakar lilin selama 2-3 jam.  Yang harus kamu lakukan hanyalah membuat lubang kecil di bagian atas kaleng. Kemudian, masukkan kapas dan biarkan menyerap beberapa minyak sampai mencapai bagian atas sumbu. 

3. Lip Balm

Lip balm bisa menjadi krusial disaat kondisi darurat. Siapa sangka lip balm bisa dijadikan lilin? tak hanya memberi cahaya, tetapi juga bisa menghangatkan. Caranya gampang, dengan mengikat sepotong kain kecil di bagian atas, dan lip balm akan bertindak sebagai bahan bakar. Lilin lip balm instan ini dapat menyala hingga 2 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Lem

Jika ada luka kecil yang terbuka atau berdarah, lem super bisa jadi solusi! Hanya dengan mengoleskan super glue ke luka sehingga luka akan menutup dan mencegahnya infeksi. Pendarahan apa pun juga akan berhenti menggunakan metode ini.

Namun perlu berhati-hati dalam menggunakan metode ini, karena bisa menimbulkan rasa panas dan gatal jika super glue masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam

5. Cup Bra

Disaat sesak, sulit bernafas karena asap atau partikel debu, cup bra dapat digunakan sebagai pengganti masker. Para ahli merasa ini dapat membantu mencegah partikel beracun masuk ke sistem pernapasan, cup bra menutup mulut dan hidung dengan sempurna. Sementara tali dapat diikat ke telinga kamu untuk mengubahnya menjadi masker hands-free. 

6. Cuka

Cuka bisa digunakan sebagai keperluan medis, untuk luka bakar kecil, radang, dan infeksi ringan karena cuka bekerja sama seperti alcohol, sebagai antiseptic. Dan ketika cuka dicampur dengan air dan ditelan, bisa meredakan sakit perut, dan keasaman

7. Kondom 

Salah satu kelebihan kondom yaitu fleksibel, sehingga dapat dengan mudah ditarik, juga bisa menahan air. Ketika tidak ada sarana untuk mengangkut sesuatu dari satu tempat ke tempat lain, Kondom dapat berguna. Kamu juga dapat menggunakannya seperti kantong plastik normal dan bahkan bertindak sebagai penghalang kelembaban.

3 dari 3 halaman

8. Tali Sepatu

Ada banyak kegunaan tali sepatu, penggunaan paling populer mereka adalah tali untuk mengikat antara 2 pohon atau pilar. Sepotong kain atau plastik apa pun dapat digantungkan di atasnya untuk membuat tempat berlindung sementara. Ini juga bisa berfungsi sebagai pancing, jika diikat ke kail yang tajam. 

9. Kaos Kaki

Tak disangka, kaos kaki bisa jadi pengganti saringan, menyaring air dari bakteri kasat mata dan bakteri tak kasat mata. Sangat berguna disaat kondisi darurat seperti tersesat di hutan dan lain sebagainya.

10. Kacamata

kamu bisa menyalakan api menggunakan kacamata seperti kaca pembesar dengan menggunakan sinar matahari. Yang perlu kamu lakukan hanyalah dengan mengumpulkan beberapa sumbu dan meletakkan kacamata setidaknya 12 inch dari sumbu. Sekarang cahaya matahari berkonsentrasi pada titik kecil. Perlahan-lahan tiupkan ke tungku sampai menyala dan api menjadi stabil.   

Reporter : zahra syifa fadilla

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.