Selain Usir Kapalan di Kaki, Ini 10 Manfaat Dahsyat Bawang Putih

Oleh Liputan6.com pada 12 Jul 2018, 21:00 WIB
Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma Konsumsi Makanan Ini Bawang Putih By (Volodymyr Plysiuk/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan agar terasa nikmat dan sedap. Santapan yang disaji dengan bawang putih terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kesehatan dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Namun ternyata, bawang putih juga menawarkan berbagai manfaat lain yang tidak berhubungan dengan masakan. Nah, berikut beberapa kegunaan lain bawang putih yang bisa dipakai di kehidupan sehari-hari, seperti melansir dari Brightside, Kamis (12/7/2018).

 

1. Memperbaiki gelas yang retak

Rupanya bawang putih adalah natural adhesive, yang berarti getah terdapat dari bawang putih dapat berfungsi sebagai lem alami yang bisa diaplikasikan pada barang-barang yang bersifat rapuh.

Caranya, kamu pertama-tama mengulek bawang putih sampai hancur, getah yang lengket bisa langsung dioles pada retakan gelas. Celah pada gelas akan terisi oleh pasta bawang putih yang menjadi perekat.

2. Meringankan sakit gigi

Terkadang rasa nyeri gigi datang secara tiba-tiba dan kita tidak bisa melakukan apapun. Dalam keadaan darurat ini, bawang putih dapat menyelamatkan penderitaan kita. Bawang putih mengandung sebuah zat sistein sehingga memberikan efek anestetik yang dapat meredakan rasa sakit gigi.

Dengan menggosok bawang putih pada gigi yang sakit, rasa nyeri akan berkurang secara sementara.

3. Sebagai pembersih wajah

Bawang putih mengandung zat bersifat anti septik, anti virus dan anti jamur yang membuatnya cocok sebagai alternatif pembersih wajah. Bahan organik ini membantu melawan jerawat, bekas jerawat, dan penyakit atau alergi kulit lainnya.

Terdapat dua cara ampuh penggunaan bawang putih pada kulit. Metode pertama adalah mengusap kulit wajah dengan bawang putih kemudian dibilas setelah 15 menit. Kedua, yakni dengan mengonsumsi bawang putih untuk memperoleh kulit sehat.

2 of 3

4. Penyembuh kaki kapalan

Ilustrasi kaki (iStockphoto)
Ilustrasi kaki (iStockphoto)

Untuk para atlet ataupun olahragawan, bawang putih bisa menyembuhkan kaki yang kapalan atau jamuran.

Caranya sangat sederhana, hanya dengan merendamkan kaki selama 30 menit pada air panas yang dicelupkan bawang putih. Bawang putih bersifat antikandida, oleh karena itu jamur albicans dapat tersingkir.

5. Menghentikan infeksi telinga

Infeksi telinga dapat diobati dengan metode tradisional tanpa pemakaian antibiotik.

Bawang putih diperas untuk mendapatkan minyaknya. Minyak bawang putih dihangatkan, lalu diteteskan ke telinga menggunakan pipet.

6. Membersihkan es

Pemakaian minyak bawang putih juga dapat digunakan untuk membersihkan karang es di kulkas. Dengan minyak bawang putih, kamu bisa menghemat waktu untuk membersihkan karang es pada kulkas. Bawang putih juga mengandung garam yang akan membantu melelehkan es dengan cepat.

7. Mengangkat serpihan kayu

Biasanya kita merasa panik ketika jari kita tertusuk serpihan kayu. Seringkali orang kesulitan mengeluarkannya ditambah rasa sakit yang dialami.

Jika hal tersebut terjadi, iriskan bawang putih secara tipis, tempelkan di jari dan diplester dan diamkan selama tidur. Esok harinya serpihan kayu akan keluar dari kulit, cara ini juga dapat dilakukan dengan daun lidah buaya.

3 of 3

8. Pengganti obat anti nyamuk

Ilustrasi Nyamuk (AFP)
Ilustrasi Nyamuk (AFP)

Ternyata dengan memakan bawang putih, nyamuk akan terusir karena nyamuk tidak menyukai bau bawang putih yang sangat menyengat.

Bawang putih juga ampuh sebagai pembasmi hama yang cocok digunakan pada tanaman. Perannya sebagai obat pembasmi hama murah untuk memelihara kebun Anda.

9. Menjadi umpan ikan

Berbeda dengan nyamuk, bawang putih malah menarik perhatian ikan terutama ikan yang tidak tinggal di air laut seperti di sungai dan danau.

Terutama ikan crappie dan walleye yang paling menyukai bawang putih. Jika memancing kedua ikan tersebut, kemungkinan besar Anda akan mendapatkannya.

10. Menjadi perawatan rambut

Karena kandungan tinggi allicin, bawang putih dapat membantu mencegah adanya ketombe. Selain itu, dapat membantu mengurangi risiko masalah rambut rontok. Sifat antimikroba pada allicin bantu membunuh kuman dan bakteri, dua makhluk yang menyebabkan kerusakan pada kulit kepala.

Jika ingin mengaplikasikannya, coba gosokan irisan bawang putih pada kulit kepala atau pijat kulit kepala dengan minyak bawang putih. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas sampai bersih.

Reporter:

Citra Luna Martha 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait