Sebaiknya Beri Jeda Minum 30 Menit Sehabis Makan, Alasannya?

Oleh Liputan6.com pada 12 Jul 2018, 12:01 WIB
2. Minum Air Putih

Liputan6.com, Jakarta - Langsung minum setelah makan tentu menjadi hal lumrah yang sering kalian lakukan setiap hari, bukan? Namun, nyatanya hal tersebut sangat tak dianjurkan. Tentu banyak yang bertanya-tanya lantas kapan waktu yang tepat untuk minum setelah makan?

Nyatanya, waktu terbaik setelah makan adalah dengan memberi jeda 30 menit. Hal itu karena ketika tubuh mencerna makanan, ada proporsi cairan yang perlu dijaga agar tetap seimbang. Jika kalian langsung minum setelah makan, hal yang dikhawatirkan adalah keseimbangan proporsi tersebut bisa terganggu. Apalagi butuh waktu dua jam agar makanan yang kita konsumsi dicerna dengan baik oleh tubuh.

Selain itu, langsung minum setelah makan bisa menyebabkan kalian akan menjadi mudah lapar. Hal ini yang nantinya menyebabkan kita mengonsumsi makanan secara berlebihan, sehingga kalori yang masuk pada tubuh menjadi berlebihan.

Masih ada lagi dampak negatif jika kalian terbiasa langsung minum setelah makan, yakni bisa menyebabkan heartburn atau rasa panas pada dada. Hal itu karena terhambatnya proses sekresi enzim yang mengakibatkan peningkatan kadar asam pada tubuh.

2 of 2

Manfaatnya

Minum air putih (iStock)
Ilustrasi minum air putih (iStockphoto)

Oleh karena itu, ada baiknya mulai sekarang kalian coba menunggu untuk minum 30 menit setelah makan. Dengan jangka waktu itu, tubuh sudah terkondisikan untuk proses pencernaan. Sehingga kalian akan terhindar dari gangguan kesehatan seperti obesitas, meningkatknya kadar gula darah hingga kolesterol.

Reporter:

Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video