Sukses

Pentingnya Program Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar

Buat mendapatkan masa depan yang cerah, bukan hanya otak yang dibutuhkan

Liputan6.com, Jakarta Dengan derasnya arus dan pengaruh teknologi dalam hidup kita, dampak teknologi tentunya lebih terasa di zaman kini. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ini adalah upaya pemerintah, terutamanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan pendidikan moral dan akhlak.

Tujuan dari PPK ini adalah untuk membentuk pribadi siswa agar menjadi yang lebih baik dan siap untuk bersaing di era yang sangat global dengan caranya yang lebih kontektual. Lima nilai utama pada siswa sekolah dasar yang akan dikuatkan oleh PPK yaitu Nasionalis, Religius, Mandiri, Gotong Royong/lingkungan, dan Integritas. 

Beberapa dampak positif dari Penguatan Pendidikan Karakter bagi siswa sekolah dasar ini adalah: 

1. Pemikiran yang fleksibel

Dengan perubahan cara pembelajaran bagi siswa sekolah dasar, siswa akan diajarkan untuk memiliki cara berpikir yang berbeda. Contohnya, daripada mengajukan pertanyaan yang bermulai dengan apa, siapa, bagaimana, di mana, mereka dapat mulai bertanya dengan cara yang menggambarkan pemikiran kritis yaitu dimulai dengan kalimat ‘bagaimana kalau?'.

2. Mempunyai hubungan baik

Karena pendidikan karakter ini mencangkup dan mengajari nilai dasar etika, siswa sekolah dasar dapat mengimplementasikan ajaran-ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.

3. Mampu menunjukan sisi emosional, sosial dan empati

Nilai gotong royong yang akan dipelajari oleh siswa sekolah dasar biasanya diterima dengan sia-sia namun dengan terapan program ini siswa dapat mempelajari kembali pentingnya membantu satu sama lain. 

Maka dari itu, upaya pemerintah dengan cara PPK harus disambut dengan positif dikarenakan pendidikan mengenai watak seorang siswa tidak cukup untuk hanya diajarkan di rumah. Pelajaran ini akan sangat berguna bagi siswa sekolah dasar ini untuk masa depannya.

Namun, kerja sama dari pihak sekolah, keluarga, dan masyarakat tentunya dibutuhkan agar program ini berhasil. Seperti saran Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd.,“Perwujudan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang berjalan dengan baik dapat menjadikan perkembangan karakter yang optimal bagi anak.”

Reporter:

Jasmine Cintya Wirawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.