Sukses

Agar Kerupuk Mekar dan Renyah Saat Digoreng, Perhatikan 5 Hal Ini

Agar kerupuk matang sempurna dan mekar saat digoreng perhatikan beberapa hal berikut.

Liputan6.com, Jakarta Orang Indonesia sangat suka makan kerupuk. Benar bukan? Saat makan tanpa kerupuk, terasa seperti ada yang kurang.

Meski demikian, tekstur kerupuk yang keras dan alot justru bisa membuat selera makan hilang. Nah, agar kerupuk matang sempurna dan mekar saat digoreng perhatikan beberapa hal berikut.

1. Menjemur kerupuk sebelum digoreng

Agar kerupuk lebih kering dan mudah mekar saat digoreng, cobalah untuk menjemur kerupuk tersebut terlebih dahulu. Terkadang, karena lama disimpan di tempat lembab, kerupuk pun tetap alot meski sudah digoreng.

2. Pilih penggorengan yang tepat

Agar kerupuk bisa mekar dengan baik, pakailah wajan yang bentuknya cekung. Ini akan membantu kerupuk mengembang sempurna. Tentunya juga biasakan menggunakan minyak yang baru saat akan menggoreng kerupuk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Panas api yang tepat

Pastikan untuk menggunakan panas api yang tepat saat akan menggoreng kerupuk. Panas api yang tepat akan berpengaruh terhadap panasnya minyak untuk menggoreng. Bila minyak terlalu dingin, kerupuk sulit mekar. Bila terlalu panas, kerupuk cepat matang tapi tak terlalu mekar.

4. Bolak-balik kerupuk saat digoreng

Agar kerupuk matang sempurna, jangan lupa untuk membolak-balik kerupuk saat digoreng. Gunakan minyak yang banyak agar kerupuk bisa terendam sempurna dan matang dengan baik.

5. Segera angkat dan tiriskan kerupuk yang sudah matang

Segera setelah kerupuk matang dan mekar, angkat dan tiriskan agar minyaknya menetes. Dinginkan sebentar. Menyimpan kerupuk saat masih dalam keadaan panas justru akan membuat kerupuk tak renyah dan baunya tak enak.

Penulis: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.